01/12/18

Cara Mengaktifkan Fitur Pengingat Waktu Pada Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer, media sosial ini dapat dikatakan populer karena jumlah penggunanya yang naik secara signifikan dan dapat mengalahkan beberapa sosial media lainnya seperti twitter, snapchat, dan beberapa media sosial lainnya.


Meskipun media sosial ini hanyalah tempat untuk memposting foto dan video, namun siapa sangka, media sosial ini dapat mengalahkan beberapa media sosial lainnya dalam waktu yang singkat.

Dikabarkan, jumlah pengguna Instagram pada awal tahun 2016 hanya sekitar 22 juta, namun hingga kini, sosial media ini menjadi salah satu sosial media yang paling aktif nomor 3 didunia setelah facebook dan whatsapp. Khususnya pada tahun 2018 ini.

Selain tempat untuk memposting foto dan video, instagram juga menyediakan beberapa fitur menarik lainnya yang mungkin hampir mirip seperti facebook dan whatsapp, salah satunya yaitu fitur story.

Fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk memposting cerita hariannya dan postingan tersebut akan tenggelam secara otomatis setelah lewat waktu 24 jam.

Untuk fitur lainnya, sebenarnya ada satu fitur baru lagi yang mungkin tidak ada di medsos lainnya: Yaitu Fitur pengingat waktu.

Sekilas tentang Fitur Pengingat Waktu

Fitur pengingat waktu adalah sebuah fitur baru yang dihadirkan oleh Instagram pada beberapa waktu yang lalu. Fitur ini berfungsi untuk mengingatkan si penggunanya sendiri agar berhenti menggunakan Aplikasi Instagram setelah mencapai batas waktu yang ditentukannya.

Misalnya, anda berniat untuk tidak menggunakan aplikasi instagram lebih dari 10 menit, maka anda bisa menyetel pengingat harian ini menjadi 10 menit.

Apabila anda menggunakan aplikasi Instagram lebih dari 10 menit, anda akan menerima notifikasi popup yang menyatakan bahwa anda telah menghabiskan waktu 10 menit untuk menggunakan Instagram.

Seperti ini contohnya:



Sampai disini mungkin anda sudah paham kan ya ? hehe

Meskipun anda akan mendapatkan notifikasi berupa popup, anda tidak perlu khawatir soal gangguan lain seperti keluar dari aplikasi Instagram dengan sendirinya dan lain sebagainya. Karena fitur ini dirancang hanya sebagai pengingat untuk waktu anda sendiri.

Lagipula fitur ini menurut saya tidak mengganggu, karena pengguna itu sendiri yang mengaturnya. Sehingga anda dapat leluasa mengaturnya, sesuai dengan selera anda.

Kalau saya sendiri mengaturnya menjadi 10 menit, karena bagi saya, kalau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menggunakan sosmed, ujung-ujungnya pasti bakalan males ngapa-ngapain.

Jangankan beraktivitas, beranjak dari tempat tidurpun bawaannya males banget, karena sudah terlalu banyak menghabiskan waktu buat mainin sosmed.

Mengetahui Penggunaan Rata-Rata Harian Anda

Selain mendapatkan notifikasi popup berupa pengingat waktu, anda juga akan mendapatkan info mengenai penggunaan rata-rata harian anda pada aplikasi instagram sejak 7 hari terakhir.

Info mengenai penggunaan rata-rata harian anda akan hadir dalam bentuk metrik yang tersedia pada menu Your Activity.

Seperti berikut ini:


Gambar diatas merupakan contoh metrik dengan penggunaan rata-rata 23 menit pada 7 hari terakhir.

1. Untuk mengetahui Metrik penggunaan rata-rata harian anda, silahkan buka menu Profile.

2. Klik Icon garis tiga yang terletak pada kanan atas layar, kemudian buka menu Settings.

3. Pada menu settings, pilih menu Your Activity/Aktivitas Anda.

Sekarang anda sudah mengetahui metrik harian anda.

Menyetel Pengingat Waktu Harian

Jika anda ingin menyetel pengingat waktu seperti yang sudah saya bahas sebelumnya anda dapat membuka menu Your Activity/Aktivitas Anda.

Kemudian pilih Menu Setel Pengingat Harian

Sekarang anda dapat menentukan batas waktu yang anda inginkan untuk mendapatkan notifikasi.

Membatalkan/Mengubah Pengingat Waktu Harian

Masih dalam menu Your Aktivity/Aktivitas Anda, apabila anda berencana untuk membatalkan/mengubah pengingat waktu anda, anda dapat masuk ke menu Setel pengingat harian.


Nantinya anda tinggal mengklik Batalkan Pengingat untuk membatalkan atau Edit Pengingat untuk mengedit waktu pengingat.

Memangnya apa untungnya pakai fitur ini?

Bagi sebagian orang, mungkin fitur ini tidak penting karena kedepannya mungkin akan menambah-nambah kinerja RAM sehingga menyebabkan ponsel menjadi lambat. Akan tetapi, bagi saya fitur ini sangatlah penting, karena selain menjadi pengingat, fitur ini juga bisa menegakkan kita agar menjadi disiplin dengan waktu.

Untuk masalah RAM dan sebagainya sebenarnya tidak menjadi masalah selama kita menggunakan aplikasi dengan penggunaan yang wajar, misalnya tidak menjalankan banyak aplikasi di latar belakang.

Lagipula, jika kita menganggap fitur ini tidak bermanfaat, mungkin ada sebagian pengguna lainnya yang lebih memerlukannya.

Demikian semoga postingan singkat ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon