02/03/19

Menemukan Perangkat Yang Hilang Menggunakan Fitur Find Device (Miui)

Mi Cloud (Miui) adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Miui guna untuk mengontrol perangkat anda dari jarak jauh. Dengannya anda tidak hanya dapat menyinkronkan perangkat anda ke akun miui, tetapi anda juga dapat mengontrol penuh atas sinkronisasi yang anda lakukan.

Semisalnya ingin mengubah, mendowonload, atau bahkan membacanya dalam keadaan online. Semua isi pesan, isi foto, serta data-data pribadi anda yang tersinkronisasi ke akun Miui, anda telah mendapatkan izin penuh untuk mengakses file-file anda yang tersinkronisasi.

Selain menyinkronkan perangkat, ada satu fitur menarik lagi didalam Mi Cloud yang bernama Find Device. Find Device adalah salah satu fitur Miui yang berfungsi sebagai alat untuk mencari perangkat anda yang hilang.

Apabila anda kehilangan ponsel, atau anda lupa menaruh ponsel anda, anda dapat menggunakan fitur Find Device, untuk mengetahui dimana letak ponsel anda saat ini.

Find Device MIUI

Alat Find Device (Miui)

Didalam Find Device terdapat beberapa menu seperti Lost Mode, Sound, Erase data, dan Locate. Masing-masing mempunyai perannya tersendiri.

Fungsi Lost Mode

Yaitu untuk mengunci perangkat anda, dan mereka yang menemukan ponsel anda tidak akan dapat membuka ponsel anda sampai mereka memasukkan kata sandi pada akun Miui anda.

Menariknya, setelah anda mengunci perangkat anda, anda juga dapat mencantumkan beberapa pesan penting seperti ucapan terimakasih, atau bahkan mencantumkan nomor telepon anda agar mereka yang menemukan ponsel anda dapat segera menghubungi anda.

Fungsi Sound

Seperti namanya, yaitu untuk membunyikan perangkat anda ketika anda sudah berada dekat dengan lokasi perangkat. Setelah anda berada dekat dengan lokasi perangkat, anda dapat membunyikannya melalui fitur ini.

Namun, jika sebelumnya anda telah mengecilkan suara ponsel, anda jangan khawatir, karena suara tersebut akan mengeras secara otomatis dan terdengar hingga beberapa saat.

Fungsi Locate

Locate atau Lokasi, adalah fitur untuk menelusuri dimana lokasi perangkat anda saat ini. Fitur ini mengharuskan anda untuk mengaktifkan GPS, jika anda tidak mengaktifkan GPS sebelum kehilangan ponsel, maka anda akan melihat status offline pada perangkat anda.

Apabila anda tidak melihat pilihan lain untuk menelusuri lokasi, anda bisa menghubungi operator anda melalui fitur Locate, agar operator anda dapat menunjukkan dimana lokasi perangkat anda yang hilang (biaya operator mungkin berlaku).

Fungsi Erase Data

Fungsi ini adalah pilihan terakhir bagi anda apabila anda tidak kunjung menemukan ponsel anda setelah melakukan berbagai penelusuran. Namun, alangkah baiknya apabila anda mengurungkan untuk menggunakan satu fitur ini.

Karena apabila anda memilih fitur ini, semua data anda termasuk akun Miui anda akan hilang secara otomatis, bahkan anda tidak akan dapat lagi mengakses perangkat anda setelahnya, karena akun Miui anda juga terlog-out dari perangkat.

Menemukan Perangkat Yang Hilang Menggunakan Fitur Find Device (Miui)

Sebelum melanjutkan panduan, saya ingin mengatakan bahwa panduan ini tidak berlaku untuk ponsel selain Redmi. Artinya, pengguna selain Redmi tidak dapat mengikuti panduan ini karena sistem operasi yang digunakan bukan Sistem Operasi MIUI.

Untuk pengguna selain Redmi, anda dapat membaca panduan: Menemukan Perangkat Android Yang Hilang Via Google Account.

Namun, bagi anda yang mengcustom ROM perangkat anda ke MIUI, mungkin panduan ini masih berlaku.

1. Pergi ke situs resmi Mi Cloud, i.mi.com.
2. Lalu pilih Sign in with Mi Account pada tampilan awal di halaman Mi Cloud.
3. Masukkan Email/Password Account MIUI anda, kemudian pilih Sign in.


4. Sekarang anda sudah berada di halaman Mi Cloud, tempat dimana file anda tersinkronisasi.
5. Karena tujuan kita adalah untuk Mencari Perangkat Yang Hilang, maka silahkan pilih Find Device.


Sekarang anda sudah berada dihalaman dimana anda dapat mengatur semua kontrol perangkat anda dari jarak jauh.

Bagaimana langkah selanjutnya?

Langkah selanjutnya adalah silahkan pilih Lost Mode, agar perangkat anda terkunci dan tidak ada seorangpun yang dapat mengakses perangkat anda kecuali ia harus memasukkan kata sandi akun Miui anda terlebih dahulu.

Cantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi serta memberikan beberapa pesan penting agar orang yang menemukan ponsel anda dapat mengembalikan ponsel milik anda dengan segera.

Selanjutnya, pilih Locate, untuk menemukan dimana titik peta letak hilangnya ponsel anda. Anda dapat menelusuri tempat tersebut barangkali ponsel anda terjatuh pada saat perjalanan atau lupa menaruhnya ketika sedang ditempat tersebut.

Bagaimana? Apakah sudah berhasil?

Jika belum berhasil, silahkan Deringkan perangkat anda menggunakan Fitur Sound.

Gunakan fitur ini apabila anda sudah berada dengan titik lokasi, jika tidak berada di titik lokasi, maka sebaiknya anda menelusurinya terlebih dahulu.

Catatan: Jika fungsi Find Device pada Mi Cloud anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka bisa dikatakan ada 4 kemungkinan:

1. Perangkat anda belum terhubung ke koneksi internet/koneksi internet anda telah dimatikan, sehingga perangkat anda tidak dapat terhubung dengan Find Device.

2. Fitur Find Device pada perangkat anda tidak diaktifkan, sehingga perangkat anda akan terlihat offline ketika anda menggunakan fitur Find Device di Mi Cloud.

3. Tidak ditemukan Akun MIUI aktif di perangkat anda, mungkin Anda telah me-logoutnya dari perangkat.

4. GPS tidak diaktifkan diperangkat.

# Hanya untuk berjaga-jaga

Langkah ini hanya untuk berjaga-jaga untuk mencegah kehilangan ponsel untuk yang kedua kalinya.

1. Pastikan Anda sudah memverifikasi akun MIUI anda. Jika belum silahkan verifikasi akun MIUI anda melalui web i.mi.com.
2. Pastikan perangkat anda sudah terhubung dengan Mi Cloud.
3. Hubungkan Perangkat anda dengan Akun Google, agar anda memiliki dua kendali untuk mengontrol perangkat.

Demikian semoga panduan singkat mengenai " Menemukan Perangkat Yang Hilang Menggunakan Fitur Find Device (Miui) " dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon