29/06/19

Cara Melihat Pesan Dibaca di Grup Whatsapp

Bismillahirrahmanirrahim, assalamu'alaikum teman-teman,

Jumpa lagi dengan saya setelah sekian lama tidak posting hehe. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana cara mengetahui apakah pesan kita telah terbaca atau belum di sebuah obrolan grup whatsapp.

ikon whatsapp background putih

Grup Whatsapp tentunya berbeda dengan obrolan biasa, karena dengan mengirimkan pesan ke grup, berarti kita telah mengirimkan pesan ke semua anggota grup.

Mereka dapat membaca dan membalas setiap pesan yang masuk, tidak perduli apakah pesan tersebut ditujukan kepada kita atau bukan, karena grup whatsapp sifatnya adalah umum.

Nah, jika kita memperhatikan grup whatsapp, tentunya kita akan melihat ada banyak sekali fitur yang berubah dan tidak seperti biasanya. Salah satu fitur yang berubah dan tidak seperti biasanya adalah fitur ceklis.

Fitur ceklis biasanya menandakan bahwa pesan kita telah terkirim, diterima atau terbaca, tergantung dari jenis ceklis apa yang muncul.

Jika ceklis tersebut berwarna abu-abu, dan hanya satu ceklis saja yang muncul, maka ia menandakan bahwa pesan anda telah terkirim namun belum diterima oleh sipenerima, bisa jadi karena si penerima tidak mengaktifkan koneksi data atau jaringan lelet.

Jika ceklis tersebut berwarna abu-abu, dan ada dua ceklis yang muncul, maka ia menandakan bahwa pesan anda terkirim dan berhasil diterima oleh sipenerima, namun belum dibaca.

Selanjutnya, jika ceklis tersebut berubah warnanya, dari dua ceklis yang muncul menjadi dua ceklis berwarna biru, maka ia menandakan bahwa pesan anda telah dibaca oleh si penerima.

Setelah anda mengetahui apa saja fungsi dan maksud dari ceklis-ceklis diatas, tentunya anda akan bingung ketika anda bergabung dalam sebuah grup di whatsapp.

Umumnya, jika anda masuk kedalam obrolan grup, whatsapp tidak memberikan fitur ceklis sebagaimana kita chatting, karena Whatsapp hanya memberikan kepada kita satu jenis ceklis saja.

Tentunya dengan diberikannya satu jenis ceklis saja, kita akan mengira bahwa pesan-pesan kita hanya terkirim saja, tidak diterima dan juga dibaca.

Untuk mengetahui apakah pesan kita telah dibaca atau belum disebuah grup whatsapp anda dapat membuka salah satu fitur di dalam obrolan.

Caranya adalah sebagai berikut:


melihat pesan dibaca di grup whatsapp

Untuk lebih jelasnya:

1. Cari Grup Whatsapp tujuan.
2. Buka Grup.
3. Cari salah satu pesan yang telah anda kirim
4. Tahan pesan yang telah anda kirim
5. Tekan ikon (i) Info yang tampil diatas layar chat grup.

Setelah anda membuka info disalah satu pesan yang telah anda kirim, anda akan mendapati siapa saja yang sudah membaca dan menerima pesan anda.

Ingat! ikon (i) Info ini hanya berlaku pada pesan yang yang telah anda kirim saja, jadi nggak berlaku apabila orang lain yang mengirim pesan lantas anda penasaran siapa saja yang sudah baca pesan orang tersebut hehe..

Oke itulah sekilas artikel yang sudah saya tulis, mudah-mudahan bermanfaat yaa..
Terimakasih sudah membaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon