24/07/19

Mengoptimalkan Penghasilan Adsense dengan Fitur Adbalance

adbalance

Mengoptimalkan penghasilan adsense itu nggak mudah, meski kelihatannya sangat simpel, tinggal mengatur adbalance ke puluhan persen lalu kita akan mendapatkan hasilnya yang maksimal di keesokan harinya.

Tidak semudah itu cara memainkannya.

Bukan seperti itu cara kerja adbalance. Meskipun sangat simpel cara pengaturannya, mungkin anda butuh waktu yang lama untuk benar-benar melihat hasilnya.

Fitur Adbalance bukanlah sembarangan fitur yang dapat diatur sesuai dengan keinginan, karena dengan melakukan setting itu berarti kita juga mengurangi jumlah iklan yang ditampilkan di blog.

Jika salah setting dampaknya sudah pasti negatif, salah satunya yaitu turunnya pendapatan.

Kalau sudah menurunkan pendapatan itu berarti settingannya salah, solusinya kita harus setting lagi dan lagi sampai menemukan settingan yang tepat.

Sebelum berganti setting adbalance, pastikan anda menunggu setidaknya sekitar satu mingguan atau lebih. Jangan berganti-ganti settingan setiap hari, karena anda tidak akan tau bedanya.

Settingan Adbalance untuk Blogger Pemula

Sampai saat ini mungkin masih ada yang bingung dengan cara penggunaan adbalance, salah satu kebingungan yang sering saya temui di forum-forum adsense yaitu bingung dengan bagaimana cara settingnya.

Apakah sebaiknya di setting ke 70% 60% atau ke 40%? kalau pertanyaan seperti ini dilontarkan sebenarnya kita tidak bisa langsung menjawabnya, karena setiap blog mempunyai setting yang berbeda-beda tergantung dari banyaknya jumlah unit iklan yang dipasang di blog.

Dan Setiap setting, hasilnya pasti tidak akan terlihat pada hari ini juga, butuh waktu.

Jadi, jawabannya tidak bisa langsung kita tebak, alias harus melakukan experiment terlebih dahulu setidaknya minimal satu mingguan.

Mengapa selama itu? karena setiap harinya harga lelang iklan selalu berubah-ubah, tergantung dari set bid cpc yang diatur oleh pengiklan adword. Itulah mengapa tidak cukup satu hari untuk melakukan experiment.

Dari experimen yang pernah saya dapatkan selama sekitar 10 hari, saya dapat menyimpulkan bahwa setting iklan yang paling baik untuk blog yang hanya menampilkan dua buah unit iklan adalah 60%.

Alasannya:
  • Dengan settingan ini, saya telah berhasil meningkatkan CTR adsense saya sampai 2% sebelumnya rata-rata CTR adsense saya adalah nol koma sekian.
  • Iklan yang ditampilkan sangat tertarget, meskipun CPCnya tidak mengalami peningkatan, saya telah mendapatkan setidaknya 30% total klik yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelum saya setting sama sekali.
  • Iklan di Blog jadi jarang tampil, tapi sekali tampil di blog langsung tertarget, sehingga meningkatkan respon dari pengunjung untuk klik iklan.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna situs, terutama buat pengunjung yang tidak suka dengan iklan di situs web.
  • Penghasilan meningkat sekitar dengan 16%, saya mendapatkan datanya dari hasil experimen yang pernah saya buat.

Biasanya banyak orang yang melakukan experimen selama satu bulan.

Tapi kenapa saya hanya melakukan experimen selama sepuluh hari saja?bukannya experimen itu baiknya satu bulan ya biar hasilnya benar-benar kelihatan?

Memang benar, experimen yang paling bagus adalah experimen yang dijalankan dalam waktu yang lama. Bahkan pihak adsense sendiri menyarankan untuk melakukan experimen yang lebih dari waktu itu.

Saya berhenti melanjutkan experimen sebenarnya bukan karena ingin cepat-cepat menilai hasilnya, tapi karena saya rasa selama beberapa hari ini, hasil experimen variasi yang pernah saya buat tidak mampu menyalib experimen saya yang asli. Dan akhirnya saya memberhentikan experimen ini.

Namun lain kali mungkin saya akan melakukan experimen pada selanjutnya dan hasilnya akan saya bagian melalui update postingan ini.

Jika anda bertanya kepada saya, sekarang menyetting ad balance ke berapa persen?

Jawabannya, Saat ini saya sudah mengembalikan setting adbalance saya ke 100%, karena saya ingin melihat bukti-bukti lain. Jika ternyata settingan 100% ini membuahkan hasil yang lebih baik, saya tidak ingin mensetting adbalance lagi, namun jika penghasilan saya menurun setelah saya kembalikan ke 100% saya akan mensettingnya lagi.

Intinya, jangan pernah berhenti melakukan experiment, temukan experimen yang benar-benar tepat untuk blog kamu.

Untuk melihat perbandingan hasil yang lebih baik, silahkan lakukan experimen adbalance anda pada blog yang mempunyai traffic diatas 1000 visitor, kurang dari itu sebaiknya anda tidak perlu mensetting adbalance. Karena pasti nanti banyak iklan yang blank, dan experimennya bakalan lebih lama.

Mulai Menyiapkan Experimen pada Adbalance

Untuk mendapatkan settingan yang tepat untuk blog anda, anda harus melakukan experimen terlebih dahulu untuk melihat perbedaan hasilnya.

Buka Akun Adsense anda, kemudian buka Tab My Ads. Pada Menu Tab My Ads silahkan buka Menu Adbalance.

Setting dulu adbalance anda sesuai dengan keinginan anda, anda bisa melakukan setting ke 70% jika anda ingin memulainya. Set 70% ini adalah settingan untuk yang asli, jadi tentukan yang paling tepat untuk blog anda.

Kalau saya lebih memilih untuk setting ke 63%.


Sekarang Mulailah membuat experimennya, dengan memilih Siapkan Experiment.

Mulailah membuat dua settingan yang berbeda, satu settingan untuk yang asli, satu settingan lagi untuk experimen. Berikan nama untuk experimen anda, dalam hal ini saya memberikan nama Eksperimen Ketiga untuk experimen saya. Kemudian Pilih Buat

Sekarang tunggulah setidaknya satu bulan untuk benar-benar melihat hasilnya, atau anda juga boleh melakukan experimen selama satu mingguan seperti yang sudah saya lakukan.


Namun pastikan kedua setingan tersebut mempunyai persaingan yang sangat jauh, jika persaingannya sangat dekat dan selalu berubah-ubah pemenangnya maka anda perlu waktu sekitar satu bulan agar dapat melihat hasilnya.

# Catatan: Jika anda ingin berhenti melakukan experimen setelah lewat satu mingguan, silahkan pilih pemenangnya, apakah anda memilih Experimen Asli atau Variasi. Pemilihan tersebut akan merubah settingan adbalance anda pada saat itu.

Jika melakukan experimen selama satu bulan, biarkan Google memilih pemenangnya secara otomatis untuk anda.

Karena Google akan menerapkan pemenangnya dan merubah settingan adbalance anda secara otomatis.

Apakah dengan Setting Adbalance dapat meningkatkan CPC Adsense?

Banyak sobat publisher yang mengatakan, kalau setting adbalance ini dapat meningkatkan cpc adsensenya.

Tapi lain yang terjadi pada saya, mungkin bisa jadi karena saya hanya menampilkan dua buah unit iklan di blog saya ini, satu unit link, dan satu unit in article.

Unit iklan yang paling sering blank adalah unit in article, mungkin karena itulah unit iklan ini sering mendapatkan cpc yang sangat rendah. Cpc yang sangat rendah biasanya terjadi karena turunnya persaingan pengiklan untuk unit iklan.

Meskipun CPCnya sangat rendah, tapi bukan berarti penghasilan juga ikutan berkurang. Yang terjadi justru malah ada peningkatan pendapatan, karena ctr iklan meningkat 2% dari sebelumnya, setidaknya dengan hasil dari settingan ini saya sudah bisa beli baju baru untuk lebaran, hehe.

Jadi menurut kesimpulan saya sendiri, setting adbalance ini sebenarnya bukan untuk meningkatkan cpc. Tapi untuk meningkatkan potensi klik dengan ditampilkannya iklan yang sangat tertarget, biasanya iklan yang paling relevan dengan blog.

Meskipun saya menulis demikian, anda jangan langsung percaya dengan saya, bisa saja apa yang saya tuliskan itu salah, karena saya juga manusia yang pernah melakukan kesalahan.

Kesimpulan

Untuk mengoptimalkan penghasilan setiap blog butuh dengan yang namanya experimen, entah experimen penempatan iklan, memblokir iklan, atau menyetting adbalance, yang jelas jangan pernah berhenti experiment.

Demikian semoga tulisan mengoptimalkan penghasilan adsense ini dapat menjadi pencerahan untuk para publisher, jika yang berhasil melakukan experimen dan menemukan hasilnya silahkan berikan komentar kalian.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon