25/07/19

Alasan Saya Menggunakan Wordpress, Namun Masih Mengelola Blog di Blogger

wordpress blogger

Bagi yang mengelola beberapa blog sekaligus dengan berbagai macam topik, mungkin pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dari orang-orang:

Niche Blognya apa, mas? 
Penghasilan blognya berapa dalam satu bulan? 
Boleh lihat alamat blognya, mas? 
Sekarang Pakai Blogger atau Wordpress?

Dan berbagai macam pertanyaan lainnya yang tidak saya sebutkan semuanya disini, yang jelas ada beberapa jenis pertanyaan yang seharusnya saya privasikan.

Dari semua pertanyaan yang dilontarkan diatas, saya hanya menjawab 3 pertanyaan dan sisa dari pertanyaan mereka tidak saya jawab.

Alasan saya kenapa saya tidak memberitahu mereka soal penghasilan saya

1. Karena dikhawatirkan ada Niatan Negatif bagi yang sudah mengetahuinya

Walaupun penghasilan saya tidak banyak tetapi ada saja yang menganggap penghasilan saya ini banyak. Padahal dalam satu bulannya penghasilan tersebut masih kalah jauh dengan mastah-mastah lainnya yang tiap bulannya bisa gajian.

Saya sendiri belum pernah merasakan yang namanya gajian tiap bulan.

Jika saya memberitahu soal penghasilan saya kepada mereka, mereka yang negatif think mungkin akan berpikiran seperti ini:

Ini blogger kok penghasilannya dikit amat ya? kalau nanti saya berpenghasilan seperti ini mendingan saya tidak usah ngeblog deh, buang-buang waktu saja. Toh kerja sampingan juga banyak dan lebih menghasilkan daripada blog.

Atau seperti ini:

Ini blogger kok bisanya cuma pamer penghasilan doang, mentang-mentang penghasilannya banyak, kalau lihat seperti ini rasanya hati saya makin panas dan pengen banget nyalip nih orang.

Dan berbagai pikiran negatif lainnya.

Nah itulah alasanya, mungkin masih ada alasan lain, tapi saya tidak akan memperpanjang alasan lainnya.

2. Menurunkan Semangat Ngeblog buat Para Pemula

Jika anda sudah master dan sudah bisa menghasilkan jutaan rupiah dari blog, mungkin akan terlihat biasa-biasa saja ketika anda melihat screenshot earning milik blogger lain yang setara dengan penghasilan anda.

Namun bagaimana dengan Newbie yang baru memulai belajar? pasti rasanya adem panas gimana gitu melihatnya, rasanya pengen cepat-cepat menghasilkan tapi sadar diri waktunya masih lama buat menghasilkan. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besarnya newbie tersebut bakalan males dan berhenti ngeblog.

Nah diatas adalah alasan untuk tidak menjawab pertanyaan soal earning, sekarang saya juga akan memberikan alasan kenapa saya juga tidak memberitahu alamat blog saya kepada orang lain, alasannya adalah sebagai berikut:

1. Beresiko Tinggi karena dapat di Copypaste oleh blogger lain

Jangan pernah merasa aman di dunia Internet, karena sebagian blogger biasanya suka dengan yang namanya copy paste. Meskipun tidak banyak, tapi setidaknya kita tetap berjaga-jaga.

Karena sewaktu-waktu ketika anda membagikan link url blog anda kepada orang lain biasanya ada yang ingin mengcopasnya. Apalagi tempat anda membagikannya adalah di grup-grup para blogger.

Sebagian blogger pemula mungkin akan sedikit memperhatikan isi artikel dari blog kita lalu kemudian mengcopas artikel kita. Oleh karena itu jangan pernah memberikan url blog anda pada siapapun.

Jika anda memberikan alamat url blog anda kepada orang lain, mungkin anda sudah tidak benar-benar merasa aman didunia internet, karena sewaktu-waktu postingan anda mungkin dapat dicopy paste tanpa sepengetahuan anda. Bahkan hal tersebut juga akan berdampak buruk bagi perkembangan blog anda.

2. Beresiko terkena Boom klik/Klik Iklan Berkali-kali

Mungkin ini adalah mimpi buruk bagi semua blogger di dunia, karena mendapatkan email invalid saja rasanya deg-deg an apalagi jika iklan adsense kita diboom klik oleh orang-orang iseng.

Mungkin yang terjadi nantinya adalah Banned Permanen Akun Adsense, karena dinilai melakukan aktivitas yang tidak wajar di akun salah satunya yaitu karena klik iklan sendiri.

Banned permanen juga dapat menanti orang-orang yang suka menebar url blog nya sana dan sini tanpa tujuan demi mendapatkan backlink. Namun sayangnya tujuan tersebut ternyata membawa petaka khususnya bagi pemilik Akun Adsense. Kalau sudah seperti itu, hilanglah sumber pendapatan iklan.

Jika kamu tidak ingin membawa semua resiko diatas maka sebaiknya adalah lakukan hal-hal yang menurut anda perlu saja dan jauhi yang tidak perlu, tidak usah memamerkan alamat blog anda kepada siapapun, bahkan kepada orang yang anda kenal sekalipun.

Lebih baik cari traffic secara alami, tanpa menebarkan resiko kemana-mana, cukup lakukan optimasi dan seo secukupnya, karena google juga tahu mana yang terbaik untuk blog anda. Bahkan jika anda salah menanamkan backlink, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi blog anda

Salah satunya Deindex, kalau seperti ini bagaimana kita akan mendapatkan traffic yang tinggi sedangkan blog kita sudah deindex di mesin pencari? Apalagi Google adalah sumber traffic terbesar bagi para Blogger.

Rata-rata orang yang mengunjungi Google biasanya membutuhkan sebuah informasi atau paling tidak yaitu panduan, jadi apabila blog anda ditemukan oleh pengunjung mesin pencari biasanya mereka akan membutuhkan artikel anda.

Tidak seperti pengunjung yang berasal dari sosial media, biasanya pengunjung yang mengunjungi lewat sosmed hanyalah pengunjung yang sekedar penasaran atau paling tidak mereka terpaksa demi mendapatkan kunjungan balik dari anda di blognya.

Kalau berbicara soal Blog, Lebih Baik platform mana, Blogger atau Wordpress?

Saya sendiri kurang paham dengan kontrol yang ada di wordpress, jadi kemungkinan saya tidak akan membahas berbagai kelebihan yang ada di dua platform ini.

Blogger dan Wordpress adalah sama-sama platform gratisan, yang membedakan adalah Wordpress membutuhkan biaya untuk sewa Domain dan Hosting sendiri (bukan Wordpress.com)

Kalau masalah pilih yang gratisan atau yang berbayar sebenarnya saya tidak mempermasalahkan keduanya. Karena saya memilih kedua platform ini untuk ngeblog.

Bukan karena saya rakus, namun saya lebih memilih mengelola dua platform ini karena mempunyai beberapa alasan:

Apa Alasannya?

Alasan pertama, saya hanya sekedar coba-coba

Siapa sih yang tidak pengen ilmunya bertambah. Walaupun sekedar coba-coba bukan berarti tidak serius. Justru dengan adanya percobaan ini kita bisa lebih tahu tentang perbedaan menonjol antara kedua platform blogging ini.

Alasan kedua, saya suka dengan menghadapi tantangan

Tantangan yang saya maksud disini bukanlah tantangan soal koding, karena jika tantangannya koding, saya bukanlah ahlinya koding. Saya lebih suka tantangan menulis dan mengelola banyak blog sekaligus di dua platform ini secara bersamaan. Apalagi di jaman sekarang ini mesin pencari sudah semakin tinggi tingkat persaingannya.

Di Blogger, anda akan menghadapi tantangan soal seo, karena blogger tidak mempunyai plugin seo seperti yang terdapat di Wordpress. Sedangkan di Wordpress tantangannya yaitu masalah kontrol website, tidak seperti blogger yang mudah dikelola, Wordpress sangat sulit untuk dikelola pemula kecuali jika anda sudah mahir dengan platform ini.

Alasan Ketiga, saya ingin mempunyai Email dengan Domain sendiri

Kalau sebelumnya saya memakai alamat email dengan akhiran @gmail.com dan @yahoo.com maka mulai saat ini saya harus punya email dengan akhiran @perusahaansaya.com atau @namasaya.com.

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk memiliki alamat email seperti ini, karena yang saya butuhkan cuma hosting dan domain yang saya pesan melalui Penyedia Layanan hosting.

Saya memanfaatkan control panelnya untuk membuat email pribadi atas nama domain sendiri. Misalnya email contact@sememi.com, email seperti ini mempunyai nilai plus tersendiri daripada email ini: sememi@gmail.com.

Platform Wordpress ini sebenarnya hanya saya gunakan untuk cadangan saja, karena akun hostingnya saya gunakan untuk menyimpan pesan-pesan email yang saya terima. Sedangkan di Blogger adalah tempat saya untuk menulis postingan.

Alasan keempat, saya ingin berexperiment dengan kedua platform ini

Kata sebagian orang, perbandingan seo antara platform wordpress dan blogger itu lebih baik yang wordpress. Karena di Wordpress kita mempunyai kontrol sepenuhnya, sedangkan di Blogger anda tidak bisa mengontrol blog anda sepenuhnya.

Karena banyak yang mengatakan bahwa wordpress lebih baik untuk seo daripada Blogger maka disini saya akan bereksperimen dengan kedua platform ini, apakah blogger lebih cepat untuk seo ataukah wordpress?

Alasan kelima, karena faktor budget

Karena Wordpress merupakan platform berbayar jadi rasanya tidak mungkin saya menyewa banyak hosting sekaligus untuk mengelola beberapa blog saya. Apalagi jumlah blog saya semakin hari semakin menguras media penyimpanan.

Jadi, sebagai solusinya yaitu saya menggunakan dua platform ini, satu di Wordpress dan sisanya di Blogger. Satu akun hosting saya hanya saya isi dengan satu blog saja, sisanya saya titipkan di Blogger.

Sebenarnya masih banyak alasan lain yang tidak saya sebutkan disini, tapi tidak apa-apalah saya hanya menyebutkan alasan yang paling spesifik menurut saya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon