01/07/19

Menghafal Al Qur'an kapanpun dan dimanapun menggunakan Aplikasi At Taisir Digital

Assalamu'alaikum teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? semoga temen-temen semuanya berada dalam lindungan Allah Swt.

Oh ya temen-temen, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai aplikasi Al Quran yang bernama  At Taisir Digital.

Apa itu At Taisir Digital?

At Taisir Digital adalah aplikasi yang memudahkan para pemuda pemudi yang kesulitan dalam menghafal Al Quran, dengan menggunakan Aplikasi ini, diharapkan orang yang kesulitan dalam menghafal Al Quran sudah tidak lagi merasakan kesulitannya, karena aplikasi ini menggunakan metode Taisir yang digagas oleh Ustad Adi Hidayat.

at taisir digital

Metode pergantian halaman yang digunakan oleh Aplikasi ini sangatlah mudah, anda cukup fokus kepada salah satu ayat yang ingin anda hafal, kemudian jika anda ingin memulai menghafalnya, anda cukup memilih menu muraja'ah, yaitu menu pergantian antara halaman surat dan halaman muraja'ah.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Google Playstore dengan kata kunci "At Taisir Digital". Jika teman-teman ingin mendapatkan aplikasi ini silahkan langsung download saja, Gratis.

at taisir digital di playstore

Keuntungan menggunakan Aplikasi At Taisir Digital.

1. Metode ini digagas oleh Ustad Adi Hidayat

Siapa yang tidak kenal dengan Ustad Adi Hidayat, salah satu seorang ustad yang sangat antusias dalam berdakwah. Dari Ustad Adi Hidayat, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran agama, bahwa semua yang ada didunia ini akan kita tinggalkan, dan yang akan bersama dengan kita nanti adalah amal kita masing-masing.

2. Bisa Dipraktekkan Kapan saja dan dimana saja

Bahkan ketika anda sedang sibuk sekalipun, mungkin anda bisa menyempatkan diri anda untuk membuka handphone, namun untuk membuka Al Quran rasanya sangat berat sekali. Nah, dengan adanya Aplikasi At Taisir Digital, diharapkan setiap orang yang mempunyai niat menghafal, dapat serta merta dimudahkan oleh Allah melalui Aplikasi ini.

3. Metode pergantian halaman yang sangat mudah

Jika anda ingin berganti halaman dari halaman surat ke halaman muraja'ah, anda cukup menekan menu (surat/muraja'ah) yang berada disebelah kanan atas layar aplikasi. Metode ini seakan-akan menggantikan metode tulis baca dengan metode digital.

4. Menggunakan Standar Baca Mushaf Indonesia

standar baca alquran indonesia

Dalam rangka memudahkan masyarakat dalam menghafal Al Quran, aplikasi ini menyediakan standar baca Ala Mushaf Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemenag RI.

Standar baca kita tidaklah sama dengan standar baca yang ada di Madinah, oleh karena itu jika kita (yang masih pemula) menggunakan Standar Baca Madinah, kemungkinan besar kita akan salah mengeja.

5. Ukuran Aplikasi Yang Ringan

Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 10 MB, dan Insya Allah tidak akan memberatkan penyimpanan memori anda. Jika pun ini memberatkan memori anda, maka pasti anda dapat memberhentikan aplikasi ini untuk sementara. Namun selama saya memakainya, Alhamdulillah aplikasi ini ringan karena aplikasi ini tidak berjalan dilatar belakang.

Setelah anda mengetahui keuntungan-keuntungan diatas. Yuk kita amalkan sekarang, dan mudah-mudahan kita menjadi salah satu orang yang menghafal Al Quran dan mendapatkan keutaman para penghafal Al Quran.

Jika anda ingin menghafal Al Quran, aplikasi At Taisir Digital memberikan tips bagi kita agar kita mudah menghafalkan Al Quran.

Yaitu:
  • Ikhlas (semata mata karena Allah)
  • Serius (dalam belajar)
  • Sabar
  • Yakin
  • Menghadirkan Motivasi
  • Menjadikan Prioritas
  • Memilih Guru
  • Istiqomah

Cara Menghafal Al Quran

Salah satu metode penghafalan ayat-ayat suci ini pernah dipraktekkan oleh teman-teman dari pesantren pondok Nurul Hayat.

Dimana mereka ada yang hafal hingga 30 Juz, bahkan satpam yang menjagapun bisa hafal sampai 4 Juz Al Quran.

1. Dimulai dari Juz 30

Karena Juz yang 30 ini berisi surat-surat pendek dan sering dijadikan bacaan oleh imam dalam mengimami shalat, maka untuk memudahkan bagi diri kita, jangan langsung menghafal satu surat yang panjang seperti surat Al Baqarah, karena itu akan menyulitkan kita.

Setelah anda hafal Juz 30 ini, anda bisa mencoba untuk menghafal Juz 29, kemudian lanjut ke Juz 1, setelah itu silahkan pilih Juz-Juz lain yang mudah dihafalkan atau Juz-Juz berikutnya.

2. Berdoa sebelum memulai membaca dan menghafal Al Quran

Tujuannya adalah agar Allah memudahkan setiap ayat yang masuk kedalam pikiran kita dapat dengan mudah kita hafal dengan izin Allah. Berdoalah dengan segenap hati bahwa anda ingin menghafal Al Quran dan berniat menghafal karena Nya.

3. Menghafal Per 10 Ayat Perhari

Khusus untuk pemula, bagi anda yang berniat ingin menghafal namun belum pernah menghafal sama sekali, cobalah cara yang sangat mudah ini, cara ini pernah saya praktekkan sendiri, namun meskipun saya pernah gagal, setidaknya dengan menghafal per 10 ayat perhari ini dapat memudahkan kita-kita yang sibuk dengan banyak waktu.

4. Mengulangi Hafalan Tiap Kali Berada di Perjalanan

Jika sedang berada di perjalanan menuju kantor atau tempat kerja yang jaraknya sangat jauh, anda dapat mencoba mengulangi hafalan-hafalan yang sebelumnya pernah anda coba. Namun, untuk pengulangan hafalan ini, anda membutuhkan suasana yang sangat tenang ketika berada di sebuah perjalanan.

5. Membaca Al Qur'an dengan Tartil

Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara bacaan dan artinya maka diperlukan sebuah bacaan yang tartil. Bacaan yang tartil adalah bacaan yang dilakukan dengan teliti yang memperhatikan panjang pendeknya ayat yang dibacanya.

Itulah cara menghafal Ayat-ayat suci Al Quran

Jika anda suka dengan metode menghafal Al Quran diatas, silahkan dipraktekkan, insya Allah akan berbuah kebaikan, dan akan menjadi amal jariyah jika anda mengajarkan ini kepada orang lain. Semoga Aplikasi At Taisir Digital dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon