27/07/19

Cara Menampilkan Tab Penghasilan di Dashboard Blogger

Sebagai blogger yang tidak mempunyai banyak biaya untuk membeli domain TLD, mungkin lebih baik anda bisa menggunakan platform blogger terlebih dahulu dengan subdomain akhiran blogspot, namun apabila anda sudah mempunyai modal sebaiknya langsung membeli domain TLD.

Jika anda mendaftar adsense menggunakan platform blogger dan menggunakan domain bawaan dari blogger, anda akan mendapatkan akun adsense berjenis hosted yang artinya akun adsense anda hanya bisa menampilkan iklan di blogger.

Sebaliknya, jika anda mdndaftar adsense melalui situs webnya langsung dan menggunakan domain TLD, anda akan mendapagkan akun adsense nom hosted, akun adsense ini bisa menampilkan iklan dimana saja, termasuk di situs web milik sendiri yang menggunakan domain TLD.

Namun pada pembahasan kali ini saya hanya fokus untuk pendaftaran adsense melalui dashboard blogger yang menggunakan domain bawaan blogger.

Sebelum mendaftar adsense, ada langkah wajib yang harus anda terapkan sebelum anda melanjutkan, yaitu menampilkan Tab Penghasilan di Dashboard Blogger, langkah wajib ini hanya berlaku untuk pendaftaran akun adsense hosted yang menggunakan platform blogger.

menampilkan tab penghasilan

Menampilkan Tab Penghasilan di Dashboard Blogger

Secara default tab ini memang sengaja disembunyikan oleh blogger, apabila anda ingin menampilkan tab penghasilan, anda harus mengubah bahasa blogger anda menjadi bahasa inggris.

Mungkin anda bertanya-tanya, Apa hubungannya mengubah bahasa blogger dengan menampilkan tab penghasilan di dashboard blogger?

Jelas ada hubungannya, dan asal kita ketahui, jika kita mengubah bahasa di blogger, hal itu tidak akan berpengaruh apa-apa, maksudnya anda akan tetap menggunakan bahasa indonesia meskipun sudah mengubah bahasa blogger anda ke bahasa lain, hanya saja ada satu perubahan yang terjadi yaitu munculnya tab penghasilan.

Langkah Memunculkan Tab Penghasilan di Dashboard Blogger

Sebenarnya tidak terlalu sulit, anda cukup login di blogger kemudian masuk ke menu Setelan Blogger.

Setelah anda masuk ke Setelan Blogger, silahkan masuk lagi ke Menu Bahasa dan Pemformatan.


Ubah bahasa Blogger anda dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, kemudian pilih Simpan Setelan.


Sekarang muat ulang halaman blogger anda, pastikan anda melihat tab penghasilan tepatnya dibawah menu komentar.

Setelah Tab Penghasilan muncul apakah bisa langsung daftar ke Adsense?

Jika blog anda tergolong masih baru, atau belum memiliki banyak konten maka jawabannya adalah tidak, seperti pada blog saya yang satu ini. Blog saya masih belum layak untuk didaftarkan ke Adsense ketika masih menggunakan subdomain blogspot.

Namun apabila anda ingin segera mendaftarkan blog anda ke adsense, anda bisa langsung mengcustom domain blogger anda dengan domain TLD.

Jika anda sudah mengcustom domain blogspot anda ke domain dot com, maka anda bisa mendaftar adsense melalui situs webnya langsung dan melalui dashboard blogger sudah tidak berlaku lagi untuk blog dengan domain TLD.

Memunculkan Tombol Sign Up di Tab Penghasilan

Ada beberapa metode yang bisa kita praktekkan langsung untuk memunculkan tombol sign up agar dapat segera mendaftarkan blog kita ke adsense, diantaranya yaitu:

Rutin mengupdate artikel setiap hari selama satu bulan, karena ini pernah saya lakukan pada blog-blog saya sebelumnya.

Usahakan ketika anda mengupdate artikel, buatlah artikel dengan panjang minimal 500 kata atau lebih, karena artikel yang lebih panjang biasanya berisi informasi yang lebih lengkap.

Jangan ada halaman error di blog anda, halaman error juga berpengaruh ke penilaian Google.

Metode diatas bukanlah syarat utama untuk mendaftar adsense, melainkan metode yang pernah saya lakukan untuk memunculkan tombol sign up di tab penghasilan, mungkin para mastah punya pendapat lainnya, karena saya bukanlah mastah.

Setelah Tombol Sign Up Muncul anda bisa langsung mendaftarkan blog anda ke Adsense.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon