22/07/19

Cara Daftar Google Adsense Agar Diterima

cara daftar google adsense

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet salah satunya yaitu dengan cara mendaftar ke Google Adsense.

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah sebuah jaringan periklanan yang diselenggarakan oleh Google.

Siapapun dapat mendaftar ke jaringan periklanan ini namun untuk diterima menjadi publisher sepenuhnya, tidak semua blog bisa menjadi bagiannya, karena Adsense menginginkan kriteria blog tertentu yang dapat diterimanya.

Seperti apa kriteria blog yang diinginkan oleh Google Adsense?

Dari info yang pernah saya baca dari forum supportnya sendiri, berikut ini adalah kriteria blog yang dapat diterima oleh Adsense:
  • Mematuhi Kebijakan Program Adsense
  • Bukan Blog Copy Paste, Judi, Pornografi.
  • Bukan Blog yang berisi Materi Berhak Cipta, termasuk link download.
  • Bukan Blog yang mengajarkan Hacking.
  • Blog yang memiliki kaya akan informasi.
Mengapa memilih Google Adsense?

Karena mudah digunakan. Tidak seperti jaringan periklanan lain, Google Adsense adalah program periklanan yang paling mudah dari sekian banyak jaringan periklanan yang ada di internet bahkan untuk pemula.

Terpercaya, karena pengelolanya adalah Google. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masalah kecurangan yang terjadi antara penyedia jaringan periklanan dan publisher yang beriklan.

Bagi hasil yang lebih dari 50%. Biasanya ada banyak jaringan periklanan yang hanya memberikan bagi hasil maksimal 50%, tapi di Google Adsense anda akan mendapatkan bagi hasil yang lebih dari itu.

Iklan yang sangat bertarget
. Iklan Adsense akan menyesuaikan dengan isi konten didalamnya, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan pengalaman pengguna di situs anda.

Syarat Mendaftar Google Adsense


Seperti yang diutarakan di Support Google, untuk mendaftar Adsense anda juga harus memenuhi berbagai syarat pendaftaran seperti:

1. Pastinya sudah memiliki situs sendiri, kalau belum memiliki situs, dimana lagi kita akan meletakkan iklan adsensenya?

2. Berumur setidaknya 18 tahun atau keatasnya, kalau masih berusia dibawah 18 tahun, anda bisa menggunakan nama orang tua atau saudara anda yang berumur diatas 18 tahun, karena ini menyangkut pembayaran adsense nanti.

3. Umur situs berumur setidaknya 6 bulan, khusus untuk beberapa negara saja seperti di Cina dan India, namun untuk syarat ini kabar baiknya tidak berlaku di Indonesia. Meskipun tidak berlaku di Indonesia, umur blog yang ideal untuk didaftarkan adsense adalah minimal 1-2 bulan.

4. Mematuhi Kebijakan Program Adsense, seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya.

Persiapan sebelum mendaftar Google Adsense

Untuk mendaftar Google Adsense anda harus sudah mempersiapkan segalanya mulai dari traffic hingga konten didalam situs anda, persiapan ini dimaksudkan agar anda mudah diterima oleh Google dan tidak banyak mengalami penolakan.

Google sendiri telah banyak menolak blog-blog yang dirasa tidak memenuhi kriterianya, inilah kenapa banyak orang yang bilang mendaftar adsense itu sulit.

Membuat Blog dari Blogspot

Anda dapat menggunakan platform blog gratisan seperti blogger, bagi yang mempunyai keterbatasan dalam menggunakan laptop atau komputer untuk ngeblog, anda bisa langsung ngeblog melalui android.

Disarankan menggunakan blog yang sudah TLD agar anda bisa mendapatkan Akun Adsense Non Hosted.

Blog TLD adalah Blog yang mempunyai nama domain yang berawalan dan diakhiri dengan ekstensi seperti .com .net, contohnya seperti alamat ini: www.sememi.net.

Untuk panduan mengubah domain blogspot menjadi domain dot com, saya sudah membahasnya pada postingan: Panduan Mengubah Domain Blogspot Dot Com dengan Domain Kustom di Blogger.

Mencari Traffic untuk Situs Anda


Selama proses persiapan, disarankan untuk mencari traffic sebanyak-banyaknya, traffic yang saya maksudkan disini bukan traffic dari hasil spam, melainkan traffic organic yang berasal dari search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Untuk mendapatkan traffic yang bersumber dari search engine, anda bisa melakukan optimasi SEO. Untuk panduannya sebenarnya sudah banyak website yang membahasnya.

Lakukan update konten secara rutin

Walaupun jumlah konten bukan menjadi faktor penentu diterimanya menjadi publisher, akan tetapi, untuk blog baru anda disarankan untuk melakukan update artikel secara rutin minimal sehari sekali agar mendapatkan banyak postingan dalam kurun waktu satu bulan.

Kecuali jika anda tidak mempunyai rencana untuk daftar adsense pada bulan depan, anda dapat mengutamakan kualitas konten dibandingkan kuantitas.

Setelah mempunyai setidaknya 20 sampai 30 konten, anda dapat melanjutkan ke proses pendaftaran adsense.

Siapkan Navigasi yang mudah digunakan pengunjung

Untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung anda, adsense menyarankan pemilik situs untuk membuat navigasi yang dapat memudahkan para pengunjung situsnya.

Untuk pengguna blogspot, gunakan widget bawaan blogger seperti Archive, Artikel Populer, dan Kategori. Widget ini dirasa cukup membantu para pengunjung situs anda ketika mereka mencari artikel yang ingin mereka cari.

Jika template blogger anda tidak menyediakan fitur search, widget ini dapat digunakan sebagai penggantinya.

Buatlah halaman penting di Blog Anda

Buatlah halaman penting di blog anda, seperti halaman about, contact, privacy policy, dan disclaimer. Tanpa halaman ini sebenarnya tidak masalah, namun dengan membuat halaman ini dapat menunjukkan kepada Adsense bahwa situs anda benar-benar sudah siap untuk didaftarkan dan mereka akan meninjau situs anda.

Cara Daftar Google Adsense


Setelah semuanya sudah anda persiapkan, sekarang kita masuk ke langkah pendaftaran adsense:

1. Kunjungi Situs Google Adsense, Pilih Sign Up.


2. Masukkan alamat website dan email anda didalam kotak yang sudah disediakan, kemudian Save and Continue.


3. Kemudian Pilih Negara Anda, jangan lupa untuk membaca Terms anda Condition kemudian pilih Yes, I have read and accept the agreement. Kemudian pilih Create Account.

4. Pada Langkah ini Anda akan diminta untuk mengisi data-data anda mulai dari alamat sampai nomor telepon, isi dengan benar karena data-data ini menyangkut dengan pembayaran dari adsense.

5. Sekarang, adsense akan meminta anda untuk menghubungkan situs anda, jangan lupa untuk menyalin kode yang ditampilkan di dashboard adsense kemudian pastekan kode tersebut tepat dibawah tag <head>.

Untuk memasukkan kode adsense, pergi ke Blogger. Kemudian pilih Menu Tema. Sekarang pilih Edit HTML.


Masukkan Kode Adsense Anda.

6. Jika sudah masuk ke Adsense kemudian centang I've pasted the code into my site. Kemudian pilih Done.

Sekarang situs anda sudah masuk ke dalam tahap peninjauan, peninjauan ini biasanya memakan waktu setidaknya minimal tiga hari bahkan bisa lebih tergantung dari banyaknya antrian calon publisher yang mendaftar.

Adsense menggunakan tenaga manusia untuk mereviews situs, bukan sistem otomatis, jadi pastikan situs anda sesuai dengan kriteria mereka agar dapat diterima.

Beberapa tips ketika situs anda sudah masuk kedalam tahap peninjauan:

Lakukan Update Artikel Setiap Hari

Untuk mendapatkan nilai tambah pada masa review, lakukan update artikel setiap hari, hal ini selain dilihat oleh pengunjung, pihak Adsense juga akan melihat bahwa blog anda adalah blog yang aktif.

Sehingga meningkatkan peluang untuk diterima oleh Google Adsense.

Jangan Otak Atik Tampilan Blog Anda

Setelah anda menekan Sign Up pada Adsense, disarankan untuk tidak mengotak atik template anda selain mengedit kode adsense. Karena seperti yang kita tahu bahwa mengotak atik template dapat mempengaruhi perayapan Robot Google.

Hal ini juga tidak menutup kemungkinan, bahwa pihak adsense akan dibuat bingung dengan tampilan blog anda yang selalu berubah-ubah sehingga mereka mungkin lebih memilih untuk menolak situs yang masih dalam tahap beta atau sedang dibuat.

Jangan Menyebarkan Link Blog Anda

Sebenarnya ini tidak masalah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal guna dalam memperoleh traffic organik, sebaiknya anda tidak menyebarkan link-link ke blog anda terlebih dahulu sampai ada email dari Google Adsense apakah blog anda diterima atau tidak.

Adsense juga pernah menyarankan agar pemilik situs memperbanyak traffic yang berasal dari pencarian, karena traffic yang berasal dari search engine sangat tertarget dan rata-rata yang masuk ke situs anda adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan artikel dari situs anda.

Dan tidak menutup kemungkinan bahwa blog yang mempunyai banyak traffic organik dapat meningkat peluangnya untuk diterima Google Adsense.

Penutup

Jumlah publisher adsense untuk saat ini sudah menembus angka dua jutaan dari seluruh dunia, dan tidak menutup kemungkinan untuk diterima adsense jadi sangat sulit. Hal ini dikarenakan setiap harinya selalu ada calon publisher adsense yang ingin mendaftar Google Adsense.

Untuk kalian yang mengharapkan penghasilan dari Google Adsense, namun belum memiliki akun adsense sendiri atau sering ditolak Google Adsense, anda dapat bergabung ke program Joint Venture yang saya adakan.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon