15/07/19

Solusi Bagi Yang Melupakan Security Code di Akun OVO

Selain menyediakan kemudahan dalam bertransaksi, Rupanya pihak OVO juga perduli dengan keamanan penggunanya, salah satunya yaitu dengan menyediakannya security code.

Security code merupakan sarana keamanan yang diberikan oleh pihak OVO dimana setiap pengguna wajib memasukkan PIN security code setiap kali melakukan transaksi maupun hanya login masuk ke aplikasi OVO.

Bagi yang pernah menginstal aplikasi OVO namun jarang membuka aplikasinya mungkin adakalanya kita akan melupakan PIN security code yang pernah kita buat, padahal PIN security code yang kita buat harusnya kita catat sendiri sehingga tidak terjadi kelupaan.

Nah, mau gimana lagi namanya juga manusia pasti tidak luput dari yang namanya kesalahan, baik kesalahan kecil maupun kesalahan besar, hehe bener gak?

Tapi meskipun begitu, jangan sampai kita menggunakan kata-kata diatas untuk selalu berbuat kesalahan, itu beda lagi ceritanya, hehe.

ovo login security code

Lupa Security Code

Oh ya bagi teman-teman yang pernah melupakan security code nya, jangan langsung panik dulu, adakalanya kita mengingat kembali, apa PIN number securitynya siapa tahu kita ingat kembali, atau coba deh shalat dua rakaat (shalat sunnah), bagi yang muslim, insya Allah, nanti keinget PIN securitynya pas waktu shalat hehe.

Jika masih belum berhasil, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mereset PIN security code:

mengatasi lupa security code ovo

Untuk lebih jelasnya:

1. Silahkan Masuk ke Aplikasi OVO.

2. Pada halaman PIN Security Code, silahkan pilih Lupa Security Code.

3. Kemudian masukkan tanggal lahir anda, jangan bilang anda lupa tanggal lahir sendiri, itu keterlaluan namanya wkwk. Setelah selesai pilih berikutnya.

4. Periksa nomor anda, karena anda akan menerima sms berupa kode security baru yang dikirimkan oleh pihak OVO. Kemudian masukkan kode security baru kamu di Aplikasi OVO.

5. Sekarang, buat security code baru lagi yang akan digunakan untuk transaksi dan login ke Akun OVO.

6. Masukkan kembali security code.

7. Setelah berhasil, anda akan diarahkan langsung ke halaman utama Aplikasi OVO.

Solusi agar tidak lupa dengan Security Code

Jika anda tidak ingin melupakan security code anda, anda harus benar-benar mengingatnya, atau jika perlu tulislah didalam kertas yang bertuliskan kode security anda, kemudian silahkan disimpan ditempat yang aman, baik di lemari maupun dompet anda.

Atau anda juga bisa memanfaatkan aplikasi catatan di Android, namun jangan beri judul catatan anda dengan judul "PIN masuk OVO saya" itu sama saja gak mempan, apalagi kalau hape kamu sering dipinjam teman kemana-mana hehe.

Kelemahan fitur Security Code di OVO

Fitur ini sebenarnya mempunyai satu kelemahan, yaitu anda harus memasukkan tanggal lahir anda ketika anda ingin mereset security code, artinya kode security anda bisa dengan mudahnya direset menggunakan tanggal lahir anda sendiri. Dengan adanya kelemahan seperti ini, anda harus berhati-hati jika ingin meminjamkan ponsel, apalagi jika teman anda mengetahui persis tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anda.

Tapi saya yakin kok, kamu semua pasti memiliki teman-teman yang baik hati, jadi kalau akun OVO kamu dipinjam sama temen, kemungkinan akunmu tidak akan dijahili oleh teman kamu sendiri, kalaupun dijahilin pasti dikembalikan kok, namanya juga teman, jangan pelit lah sama temen sendiri hehe..

Solusi untuk mengatasi kelemahan fitur Lupa Security Code

Untuk mengakali kelemahan salah satu fitur keamanan di Aplikasi OVO, anda bisa mencoba salah satu solusi berikut:

1. Solusi terbaiknya yaitu, jangan pernah memberitahukan tanggal, bulan, dan tahun lahir anda kepada teman-teman anda.

2. Namun jika sudah terlanjur, maka solusi terbaik kedua adalah jangan pernah memberitahu teman-teman anda bahwa anda menginstal Aplikasi OVO.

3. Jika sudah terlanjur lagi, maka solusi terbaik ketiga adalah jangan pernah memberitahu Password/PIN ponsel anda, atau lebih baik gunakan sidik jari saja.

4. Kalau sudah terlanjur lagi, maka silahkan lock salah satu aplikasi anda menggunakan fitur keamanan yang tersedia di ponsel anda.

5. Jika masih ketahuan juga, maka silahkan blokir akses internet Aplikasi OVO anda untuk sementara, jika ingin memakainya anda bisa buka blokirnya.

Kalau masih ketahuan juga, ya gimana lagi? serahkan saja semua saldo kamu, nanti masih bisa isi saldo OVO Cash lagi kan? hehe.

Demikian semoga postingan mengenai Mengatasi Lupa Password Masuk Ke Akun OVO dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon