31/07/19

Cara Membuat Pengalihan Khusus Setelah Pindah dari Wordpress ke Blogger

wordpress self hosted

Pindah dari Wordpress ke Blogger adalah keputusan yang sangat berat, anda butuh alasan kuat kenapa anda pindah ke platform gratisan ini setelah sebelumnya anda menggunakan platform berbayar.

Selain itu anda juga tidak akan mempunyai kontrol yang penuh atas blog anda sendiri, karena dengan memindahkannya ke Blogger, itu berarti anda setuju atas peraturan yang diberikan oleh Google.

Apabila anda melanggar syarat dan ketentuan di Blogger, maka blog anda sewaktu-sewaktu akan dihapus oleh Google. Dan anda tidak bisa menolaknya.

Jika tidak punya alasan kuat seperti ini, berarti anda siap menanggung resikonya. Anda juga harus rela untuk menemukan setiap error yang akan terjadi di blog anda setelah pindah ke blogger, bisa menyangkut error halaman 404, error link, dan masih banyak lagi.

Kenapa bisa terjadi error? padahal sebelumnya blog anda baik-baik saja saat anda mengelola blog di Wordpress.

Penyebab Error Halaman setelah Pindah ke Blogger

Jika anda menelusuri penyebab errornya halaman blogger anda, mungkin sebagian besar berasal dari halaman-halaman postingan anda yang sebelumnya menggunakan alamat wordpress, namun masih terindeks di halaman pencarian Google.

Alamat Postingan Wordpress berbeda dengan Alamat Postingan Blogger.

Di Wordpress anda mungkin menggunakan struktur URL yang seperti ini:

domain.com/post/
domain.com/2018/05/post/
domain.com/?=123

Sedangkan Blogger menggunakan struktur URL seperti ini:

domain.com/2018/05/post.html

Jadi yang membedakan sebenarnya terletak pada akhir struktur URL halaman anda, meskipun anda menggunakan sturktur URL nomor dua yang mirip dengan blogger, anda pasti juga akan menemukan halaman error jika struktur URL anda masih terindex Google.

Jadi solusinya hanya satu, yaitu mengalihkan URL postingan lama anda ke URL postingan baru.

Hal ini tentunya sangat merepotkan karena anda harus mengalihkan satu persatu halaman postingan anda, tapi memang inilah hal yang harus anda lakukan.

Membuat Pengalihan Khusus di Blogger

Jika blog anda masih baru dan belum terindex di Google, anda tidak perlu melakukan ini. Kecuali jika anda menemukan halaman error di Blogger mungkin anda bisa membuat pengalihan khusus ini.

  1. Masuk ke Blogger, pilih Blog yang baru saja anda pindahkan ke Wordpress.
  2. Buka Setelan Blogger anda, pilih Preferensi penelusuran.
  3. Pada Pengalihan Khusus, pilih Edit.
  4. Klik Pengalihan Baru, sekarang masukkan alamat Postingan Wordpress anda yang mengalami Error, dan alamat Postingan baru anda di Blogger.
  5. Jangan lupa untuk centang menjadi permanen, kemudian pilih Simpan.

Catatan: Jangan mengalihkan alamat url yang tidak saling berkaitan, misalnya anda punya postingan A kemudian anda membuat pengalihan khusus ke Postingan B, karena dapat menyebabkan blog anda terkena deindex Google.

Menghapus Error di Google Webmaster

Jika masalah ini muncul dengan sangat serius di Google Webmaster, anda harus segera mengatasi masalah ini dengan cara menandai semua kesalahan perayapan.

Kemudian silahkan tandai semua kesalahan sebagai "Telah diperbaiki".

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon