08/08/19

Cara Mengirim Foto Kualitas Asli di Whatsapp

Sebagian orang yang menggunakan whatsapp mungkin akan menyangka, bahwa foto yang diterimanya burek/blur dan menyalahkan orang yang mengirim foto, padahal sejatinya bukan salah orang yang mengirim foto melainkan foto tersebut sudah dikompres melalui whatsapp.

Sebenarnya bukan tanpa alasan kenapa whatsapp mengompres foto-foto penggunanya, tujuannya tidak lain hanyalah untuk memperlancar komunikasi antar penggunanya.

Bayangkan jika fitur ini tidak ada, mungkin anda akan merasa kerepotan sendiri karena harus mengompres foto secara manual, apalagi jika ukuran foto yang ingin anda kompres mempunyai ukuran lebih dari 5 Megabyte.

Mungkin akan ada banyak perubahan seperti gambar pecah atau terlalu ngeblur akibat pengompresan yang salah.


Sekilas tentang fitur Kompres Whatsapp

Beda halnya dengan fitur kompres yang disediakan oleh whatsapp, anda tidak perlu kerepotan lagi untuk masalah kompres, karena whatsapp akan menyesuaikan foto yang akan mereka kompres agar tidak pecah atau terlalu ngeblur.

Bagaimana cara whatsapp mengompres foto-foto?

Umumnya, pengompresan foto-foto tentunya tidak dilakukan oleh perorangan melainkan menggunakan sistem pengompresan otomatis dimana server whatsapplah yang bertugas untuk mengompres foto-foto.

Cara kerjanya mungkin sebagai berikut:

Jika kita mengirim foto ke salah satu kontak kita di whatsapp, foto tersebut umumnya tidak akan sampai langsung ke si penerima, melainkan akan disimpan ke server whatsapp untuk sementara.

Setelah disimpan di server whatsapp, foto-foto tersebut kemudian akan dikompres dengan menyesuaikan ukuran dan kapasitas memory.

Setelah dikompres, foto-foto tersebut barulah dikirimkan ke si penerima, yang mana penerima akan menerima hasil dari kompres foto tersebut.

Lalu bagaimana jika saya ingin mengirim foto dengan kualitas yang asli?

Jika anda ingin mengirim foto dengan kualitas yang asli, sebenarnya whatsapp sudah menyediakan salah satu fitur yang bernama Dokumen.

Fitur dokumen disini bukan hanya mencakup file-file berformat dokumen saja, melainkan mencakup seluruh file mulai dari foto, video, pdf, dan bahkan file tanpa format sekalipun.

Apakah mungkin saya mengirim foto pakai fitur dokumen?

Tentu saja, karena ini adalah salah satu fitur yang dapat anda gunakan jika anda ingin mengirim foto anda dengan kualitas yang asli.

Bagaimana caranya? simak langkah berikut.

Cara Mengirim Foto Kualitas Asli di Whatsapp

Berikut ini langkah-langkahnya:


Untuk lebih jelasnya:

1. Buka Whatsapp.
2. Buka Obrolan Chatting.
3. Pada Obrolan chatting pilih Icon Lampirkan.
4. Pilih Dokumen.
5. Pilih Dokumen lainnya.
6. Buka menu drawer, pilih Gambar.
7. Cari foto yang ingin anda kirim dengan kualitas asli.
8. Kirim dan selesai.

Bagaimana mudah bukan?

Jika anda mengalami kesulitan saat mencari foto, anda dapat memindahkan foto anda terlebih dahulu ke luar Kartu SD (bukan didalam folder) agar mudah ditemukan menggunakan Whatsapp.

Kelebihan fitur Dokumen

Anda bisa mengirim semua jenis fwhaile yang tentunya didukung oleh whatsapp, berapapun kapasitasnya, semua file-file yang anda lampirkan didokumen akan dilampirkan sesuai ukuran dan jenis file tersebut.

Kekurangan fitur Dokumen

Bagi sebagian orang mungkin akan mengalami kesulitan ketika menggunakan fitur ini, karena dengan menggunakan fitur ini, whatsapp tidak menyediakan label khusus untuk foto, video, atau file dokumen lainnya, sehingga anda harus mencari manual foto-foto yang ingin anda kirimkan.

Demikian, semoga postingan mengenai Cara Mengirim Foto Kualitas Asli di Whatsapp dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon