23/07/19

3 Cara Agar Kamu Punya Penghasilan Sendiri dari Blog (Berbagi Pengalaman)

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog sebenarnya tidak mudah.

Butuh proses yang sangat panjang.

Saya sendiri mulai ngeblog sejak tahun 2014, dan pada saat itu saya tidak tahu bahwa blog bisa menghasilkan uang.

Jadi saya tidak pernah memikirkan uang sejak awal mula ngeblog.

Namun pada saat saya bertemu salah seorang teman di facebook yang mengatakan blog bisa menghasilkan uang, saya langsung tergiur dan mulai mencari beberapa panduan di Google yang terkait dengan cara mendapatkan penghasilan dari blog.

Namun setelah saya praktekkan sendiri ternyata prosesnya sangat rumit.

Banyak hal yang harus saya pelajari, terutama dalam hal pembuatan konten. Saya memang tidak mampu kalau disuruh membuat konten, apalagi kalau kontennya harus berkualitas.

Konten Berkualitas yang saya maksud disini adalah konten yang dibutuhkan oleh pembaca, diantaranya adalah konten yang dapat menyelesaikan masalah para pembaca, seperti mengatasi sesuatu atau semacam panduan lainnya.

Tapi, saya tidak mampu membuat konten seperti itu.

Akhirnya konten yang saya buat adalah konten yang asal buat. Asal menemukan sesuatu, saya jadikan postingan di blog saya.

Dan saya tidak mendapatkan hasil dari blog selama berbulan-bulan sejak saya mulai serius ngeblog. Tapi saya tidak menyesal dan terus mencoba lagi hingga akhirnya berhasil.

Saya mencoba bukan karena saya ingin mendapatkan uang, tapi karena saya penasaran apakah benar kita bisa mendapatkan uang dari blog?

cara menghasilkan uang dari blog

Karena saya terus mencoba dan mencoba dan akhirnya memang terbukti bahwa blog bisa menghasilkan uang, namun dengan catatan sebagai berikut:

Pertama, Blog yang menghasilkan uang biasanya berisi konten yang menjual sesuatu didalam blognya, bisa berupa jasa atau produk digital.

Kedua, Berisi iklan yang mana bila iklan itu diklik oleh pengunjung, maka pemilik blog akan mendapatkan penghasilan. Ini disebut sebagai program PPC, dibayar perklik.

Ketiga, Mengikuti program afiliasi dengan cara menulis konten yang menyangkut promosi mengenai sesuatu yang mana jika ada pengunjung yang mendaftar melalui link afiliasi, maka pemilik blog akan mendapatkan komisi.

Sebenarnya masih banyak lagi yang tidak saya sebutkan, karena terlalu panjang jika disebutkan.

Jujur, saya mulai bisa menghasilkan uang dari blog sejak pertengahan tahun 2017 lalu, itupun penghasilan yang saya dapatkan masih berupa recehan. Yang mana dalam satu bulan, uang yang saya dapatkan hanya bisa buat beli satu bungkus nasi goreng, miris kan?

Itulah kenapa saya mengatakan menghasilkan uang dari blog itu tidak mudah, butuh proses. Jika ingin mendapatkan penghasilan banyak dalam waktu singkat maka blog bukan jawabannya.

Kalau ada blog baru yang cepat berkembang dan cepat naik di halaman pertama search engine, saya yakin pemiliknya tidak hanya memiliki satu buah blog saja, pasti ada beberapa blog lainnya yang merupakan bagian dari perjuangannya selama ini.

Sekarang kita akan membahas, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Saya akan ulas semuanya disini, namun saya tekankan jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog anda harus bisa menikmati prosesnya, jangan hanya berharap hari ini anda membuat blog besoknya mendapatkan penghasilan.

Tidak seperti itu prosesnya.

Jadikan blogging anda sebagai hobi dulu, kalau sudah banyak pengunjungnya baru anda boleh memikirkan soal mendapatkan penghasilannya.

Ini seperti yang saya alami dulu.

Saya pernah kecewa saat saya menjalani proses ini, jadi ceritannya saya ditolak oleh Google Adsense berkali-kali. Hingga pada akhirnya saya mulai berputus asa.

Mendaftar adsense tidak semudah mendaftar akun sosial media, tinggal daftar lalu bisa menghasilkan uang. Ini semua proses panjang yang saya alami selama hampir satu tahun lamanya.

Saya baru diterima oleh Google Adsense setelah menjalani proses selama hampir satu tahun, sebelumnya saya ditolak oleh Google Adsense hingga lebih dari 10 kali.

Bayangkan bagaimana rasanya jika kamu sudah berusaha memperbaiki apa yang diinginkan oleh Google, tapi pada ujungnya kamu tidak diterima? sakit rasanya.

Mulai Menghasilkan Uang dari Blog

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog, diantaranya yaitu:
  1. Menyediakan Jasa Iklan di Blog Sendiri.
  2. Menjual Jasa/Produk Sendiri baik Produk Fisik maupun Produk Digital.
  3. Mengikuti Program Afiliasi.
  4. Mendaftar Program Periklanan.
  5. Membership.
  6. Menjadi Penulis Artikel untuk Blog Orang lain.
  7. Menyediakan Jasa Artikel Review di Blog Sendiri.
  8. Menjual Blog Sendiri.

Dari semua daftar yang saya sebutkan diatas, saya pernah mencoba nomor 3, 4, dan 8. Untuk yang lainnya saya belum pernah mencobanya.

Karena saya tidak mencobanya berarti saya tidak bisa menjelaskan secara detail, saya akan mencoba menjelaskan untuk nomor 3, 4, dan 8. Jika anda ingin membaca penjelasan yang lain, silahkan cari di Website Lain.

Mengikuti Program Afiliasi

Ada banyak macam program afiliasi, salah satu program afiliasi yang pernah saya ikuti adalah mengajak teman lalu mendapatkan komisi.

Maksudnya adalah saya membuat artikel seputar aplikasi pulsa gratis kemudian pada artikel tersebut saya cantumkan link berupa afiliasi yang mana jika ada pengunjung yang masuk melalui link afiliasi yang saya berikan lalu melakukan pendaftaran, saya berhak mendapatkan komisi.

Komisi yang saya dapatkan alhamdulillah bisa buat beli beberapa bungkus nasi untuk dimakan.

Dan akhirnya saya percaya, bahwa dengan internet kita bisa mendapatkan uang.

Jika kalian ingin mengikuti program afiliasi seperti yang saya lakukan, lakukan hal berikut:

Carilah aplikasi penghasil uang di Playstore. Contohnya seperti Whaff, Cashpop, dan Cashtree. Ini hanya contoh anda bebas memilih aplikasi mana yang anda suka, tentunya bisa menghasilkan uang.

Jika sudah mendownload aplikasinya, silahkan daftar, masuk, kemudian cari link afiliasinya.

Sekarang yang harus anda lakukan adalah mempromosikan link afiliasi tersebut di blog anda, buatlah seputar artikel mengenai aplikasi tersebut.

Ditengah artikel yang anda buat, cantumkan link afiliasi tersebut. Jangan lupa setelah selesai membuat artikel, lakukan promosi artikel anda agar mendapatkan pengunjung.

Sekarang anda tinggal menunggu hasilnya, jika postingan anda mampu meraih posisi pertama dihalaman Google, sudah dapat dipastikan anda akan mendapatkan penghasilan yang berlimpah.

Karena rata-rata yang mencari artikel anda adalah orang-orang yang membutuhkan, jadi jika mereka masuk ke artikel anda kemungkinan besar link afiliasi anda mendapatkan respon dari pengunjung. Jika demikian anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari blog.

Berikut ini adalah salah satu hasil dari program afiliasi yang saya ikuti sampai saat ini, Cashpop.

cahspop

Saya mendapatkan sekitar 4 juta Gold, jika dijadikan uang, maka total yang saya dapatkan sekitar 400 ribuan. Namun selama artikel saya masih nongkrong di Google, penghasilan saya masih jalan.

Selain itu sebenarnya masih banyak program afiliasi yang saya ikuti.

Karena program afiliasi seperti ini sangat mudah dijalankan dan tidak memakan biaya, saya yakin anda pun juga pasti bisa menjalankan program afiliasi seperti ini, jika saya bisa berarti anda lebih bisa dan lebih pintar dari saya.

Mendaftar Program Periklanan

Ada banyak jenis program periklanan di Internet, salah satu yang paling terkenal adalah Google Adsense, karena program periklanan ini milik Google Sendiri.

Banyak Blogger yang bergabung dengan Google Adsense dan sukses meraih penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Saya sendiri bukan termasuk orang yang bisa mendapatkan penghasilan secara rutin setiap bulannya, alias penghasilan saya tergolong masih receh.

Namun meskipun masih receh setidaknya itu adalah salah satu bukti untuk saya bahwa blog memang bisa menghasilkan uang.

Untuk mendaftar Google Adsense itu  sangat mudah, tapi untuk proses diterimanya menjadi publisher itu tidak mudah. Bahkan saya sendiri menghabiskan waktu selama hampir satu tahun hanya untuk mendaftar adsense, itu pun sebelumnya pernah sempat menerima penolakan berkali-kali dari Google.

Alasan penolakannya sangat beragam, mulai dari karena konten, navigasi, sampai karena situs saya tidak memenuhi kebijakan dari Google.

Jadi jangan terlalu berharap kepada Google Adsense karena diluar sana masih banyak program periklanan lain yang lebih menggiurkan, Adsense hanyalah salah satu dari jutaan program periklanan yang ada di Internet.

Untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari program periklanan, caranya sebenarnya sangat mudah:

Cari program periklanan yang paling banyak digunakan blogger, namun selain adsense. Jika anda ingin mendaftar Adsense silahkan buat situs sesuai dengan kebijakan Google agar akun anda disetujui.

Menjual Blog Sendiri

Pada tahun 2016 lalu, saya pernah menjual salah satu blog saya yang memang sudah lama tidak saya urus. Tepatnya sudah dua tahun berlalu dan sudah tidak terurus.

Saya menjual blog saya pada salah satu forum adsense yang ada di Grup Facebook. Disana saya melihat ada salah satu pengguna facebook yang menawarkan melalui postingannya untuk membeli blog yang sudah tidak terpakai.

Tanpa berpikir panjang saya langsung mengomentari postingan tersebut dan menawarkan blog saya yang sudah tidak terurus dengan Pageview yang lumayan kecil.

Akhirnya saya lanjutkan di percakapan Whatsapp, proses transaksi pun terjadi. Disini saya hanya menawarkan blog saya seharga 75 ribu dengan kriteria blog seperti ini:
  • Memiliki Pageview 300-500 perhari.
  • Membahas Topik Android.
  • Isi Artikel rata-rata berjumlah 100-300 kata.
  • Jumlah postingan 150 postingan.
  • Umur blog sudah dua tahun.
Dengan harga tersebut saya langsung deal dengan penjualnya karena mengingat blog saya tidak ada apa-apanya, daripada menganggur mending saya jual.

Jika anda memiliki blog yang ingin anda jual, perhatian beberapa hal berikut:
  • Tempat/komunitas grup yang anda ikuti, pastikan bukan grup/komunitas yang sebagian besar isinya spam.
  • Gunakan sistem rekening bersama jika ada keraguan dengan pembeli.
  • Perhatikan informasi profilnya mulai dari foto hingga status yang dishare apakah akun dari pembeli anda merupakan akun asli?
  • Lakukan screnshoot untuk setiap percakapan anda dengannya.

Kenapa harus memperhatikan beberapa hal diatas?

Karena untuk mengantisipasi saja, seperti yang kita ketahui, di internet banyak sekali orang-orang yang tidak jujur, terutama dalam hal jual beli.

Jangan sampai anda mengalami masalah seperti yang pernah saya alami, yaitu ditipu ketika saya menjual salah satu akun Get Rich milik saya seharga 100 ribu. Yang terjadi adalah setelah mereka menerima akun Get Rich dari saya, mereka malah memblokir saya beserta sosial media milik saya, akhirnya saya hanya bisa pasrah.

Tambahan Pengalaman Blogging dari Anda, jika anda mempunyai penghasilan dari blog selain dari cara yang saya sebutkan diatas silahkan share di kolom komentar.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon