28/08/19

5 Fitur Whatsapp Yang Sering Diabaikan, Padahal Bermanfaat

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dan digemari, bahkan sangking populernya, tidak jarang kita temui dimana saja ada orang yang sering bolak balik membuka aplikasi whatsapp disetiap waktunya.

whatsap logo

Meskipun hanya sebuah aplikasi pesan instan, ternyata whatsapp mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dengan berbagai macam fitur yang dihadirkannya.

Namun sangat disayangkan, meskipun aplikasi ini terbilang cukup populer, ternyata ada beberapa fitur yang justru diabaikan oleh pengguna itu sendiri, padahal sebagian fiturnya bermanfaat.

Nah, jika kamu tidak sadar dan ingin tahu apa saja fitur yang sering diabaikan oleh pengguna itu, maka disini saya akan membahas fitur tersebut. Ada 5 fitur yang sering diabaikan oleh pengguna:

1. Pesan Berbintang

Yang pertama adalah pesan berbintang. Pesan berbintang adalah salah satu fitur whatsapp yang berfungsi sebagai penanda pesan. Jika kamu menemukan pesan yang kamu anggap sangat penting, kamu bisa menandai pesan tersebut dengan menggunakan fitur pesan berbintang.

Setelah menandai pesan tersebut, kamu bisa menemukan pesan itu kapan saja dengan mengakses fitur pesan berbintang.

Cara Menggunakan Fitur Pesan Berbintang

Untuk menggunakan fitur ini, caranya sangat mudah, pertama, silahkan buka obrolan chatting, kemudian cari pesan-pesan yang kamu anggap sangat penting.


Misalnya dalam hal ini saya ingin menandai salah satu pesan yang saya anggap sangat penting, silahkan tap dan tahan pesan tersebut hingga terblok warna biru seperti ini.

pesan berbintang di whatsapp

Setelah terblok warna biru, maka pada header atas akan ditampilkan beberapa menu opsi, diantaranya adalah logo bintang. Silahkan pilih logo bintang tersebut.

Setelah menekan logo bintang diatas, maka pesan tersebut akan masuk kedalam kategori pesan berbintang dan dapat diakses pada menu Pesan Berbintang di halaman utama whatsapp.


Dan hasilnya akan terlihat seperti diatas.

2. PIN Chat

Yang kedua adalah PIN Chat. Fungsi dari PIN Chat adalah memprioritaskan pesan tertentu dari kontak tertentu yang dianggap sangat penting. Misalnya dalam hal ini kamu sebagai HRD, dan kamu adalah salah satu orang yang paling banyak dicari, sehingga beberapa orang dapat menghubungi kamu kapan saja dan dimana saja.

Nah, karena banyaknya pesan yang masuk, akhirnya kamu jadi bingung untuk membalas pesan mereka satu persatu, sehingga kamu akhirnya tidak tahu bahwa ada segelintir pesan masuk yang sangat penting.

Akibatnya, pesan itu pun akhirnya terabaikan dan tidak terbalas.

Cara Memprioritaskan Pesan Tertentu

Untuk memprioritaskan pesan tertentu, kamu perlu memberikan PIN pada pesan yang dimaksud.

Caranya, silahkan tap dan tahan pada salah satu daftar chatting yang dituju hingga terblok berwarna abu-abu.

Setelah terblok berwarna abu-abu, maka akan muncul beberapa opsi, salah satunya yaitu logo PIN, silahkan pilih logo PIN untuk memprioritaskan pesan.

pin chat di whatsapp

Setelah memberi PIN, maka pesan tersebut akan tampil pada daftar chatting di paling atas.

3. Arsip Chat

Arsip chat adalah salah satu fitur yang sering diabaikan. Kegunaanya adalah untuk menyembunyikan beberapa pesan tertentu dari daftar chatting. Berbeda halnya dengan hapus chat, jika kamu menghapus chat, maka pesan yang kamu pilih akan terhapus secara permanen.

Tetapi jika kamu mengarsipkan chat, maka pesan tersebut akan terhapus untuk sementara dan tidak akan ditampilkan lagi sampai kamu atau mereka yang mengirimkan pesan kembali kepada kamu.

Cara Mengarsipkan Chatting

Silahkan pilih pesan yang ingin kamu arsipkan dengan cara menahan pesan-pesan tersebut hingga terblok berwarna abu-abu.

Setelah terblok berwarna abu-abu, akan muncul beberapa opsi, salah satunya yaitu opsi untuk mengarsipkan, silahkan pilih logo Arsip untuk mengarsipkan pesan.


Setelah diarsipkan maka pesan tersebut akan terhapus untuk sementara.

4. Tambahkan Pintasan Chat

Jika kamu tidak ingin bolak balik membuka suatu obrolan, kamu dapat memanfaatkan fitur ini sebagai perantaranya. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menambahkan sebuah pintasan di beranda untuk langsung menuju ke obrolan.

Meskipun tidak terlalu dibutuhkan, ternyata fitur ini cukup bermanfaat terutama buat kamu yang sering aktif disuatu obrolan tertentu, misalnya di Grup Whatsapp.

Cara Menambahkan Pintasan Chatting

Untuk menambahkan pintasan pada sebuah obrolan, silahkan tahan obrolan tersebut.

Selanjutnya, silahkan pilih opsi menu tiga titik yang terletak pada sebelah kanan atas layar.

Kemudian pilih tambahkan pintasan chat.

5. Whatsapp Web

Dan yang terakhir adalah Whatsapp Web, salah satu dari sekian fitur yang sering diabaikan oleh pengguna. Padahal jika kita memakai fitur ini, tentunya kita akan merasakan seperti apa rasanya berkomunikasi menggunakan perangkat desktop.

Whatsapp Web bukanlah sebuah aplikasi tambahan pada perangkat Desktop, melainkan ia adalah sebuah perantara yang memungkinkan kamu untuk mengakses akun Whatsapp pada perangkat Desktop.

Hanya saja whatsapp web mempunyai satu kelemahan yang mana jika salah satu koneksi dari keduanya terputus, maka koneksi lainnya juga ikut terputus. Artinya, kedua perangkat harus saling terhubung ke Internet, baik perangkat PC maupun Android.

Untuk menggunakan whatsapp web, silahkan simak penjelasannya pada postingan saya sebelumnya: Panduan Menggunakan Whatsapp Web pada Komputer.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan postingan 5 Fitur Whatsapp Yang Sering Diabaikan, Padahal Bermanfaat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon