01/08/19

Cara Mencari Ide Untuk Menulis Artikel

mencari ide untuk menulis artikel

Dalam dunia SEO, kata kunci merupakan peranan yang sangat penting. Sebenarnya saya tidak begitu paham dengan dunia SEO, jadi wajar saja kalau blog saya yang satu ini selalu sepi pengunjung.

Saya tidak mengerti banyak tentang SEO, bahkan Ilmu SEO dasar sekalipun. Kalau saya mengerti Ilmu SEO, mungkin saya tidak akan menerapkannya.

Bukan karena saya tidak mau, tapi karena saya tidak mampu melakukannya.

Saya hanya takut nanti tulisan saya jadi semrawut alias tidak jelas ketika dibaca karena kebanyakan kata kunci yang saya letakkan didalam artikel.

Oleh karenanya, saya tidak menerapkan ilmu SEO apa-apa di blog ini, baik backlink, promosi, maupun membidik kata kunci.

Oh ya, tujuan saya membuat postingan ini sebenarnya tidak lain hanya sekedar berbagi saja, yaitu mengenai bagaimana cara mencari kata kunci yang tepat untuk ide menulis artikel.

Bukan untuk SEO, melainkan untuk Ide menulis saja.

Tapi kalau diterapkan untuk SEO juga tidak apa-apa, karena SEO itu penting juga.

Ada 3 tools andalan yang bisa anda gunakan untuk mencari ide menulis artikel.

1. Google Keywords Planner

Tools ini milik Google, jadi dapat dipastikan tools ini sangat ampuh. Namun sayangnya tools ini tidak dapat digunakan sembarang orang, karena untuk menggunakan tools ini anda diwajibkan memiliki Akun Google Adwords beserta kampanye iklan yang sudah berjalan.

Saya pernah membuat Akun Google Adwords sekitar tahun 2017-an dengan tujuan untuk menggunakan Google Keywords Planner. Tapi saya dicegah oleh Google, ketika saya mencoba mengetik URL langsung menuju halaman Keyword Planner.

Alhasil, saya disuruh membayar tagihan kampanye iklan saya dulu sebelum saya dapat benar-benar menggunakan Google Keyword Planner.

2. Ubersuggest

Berbeda dengan Google Keywords Planner, uber suggest adalah kebalikannya. Ia bisa digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus bayar terlebih dulu, alias gratis.

Anda nggak perlu punya akun ubersuggest untuk menggunakan tools ini. Anda bisa menggunakannya secara langsung.

Yang lebih menariknya, ketika anda membidik sebuah kata kunci, uber suggest akan menampilkan berbagai macam data seperti berapa nilai CPC kata kunci tersebut, dan berapa banyak Search Volumenya.

3. Keywordtool

Tools yang satu ini sebenarnya sama seperti Ubersuggest, yang membedakan adalah keywordtool adalah sebuah tools yang berbayar.

Berbayar jika anda ingin mendapatkan fitur ekstra seperti ubersuggest, yaitu mendapatkan data tambahan untuk kata kunci yang anda bidik. Misalnya berapa banyak search volumenya, dan berapa nilai CPC untuk kata kuncinya.

Dari ketiga tools yang saya sebutkan diatas, saya merekomendasikan tools sebagai berikut ini.

Google Keyword Planner : Jika anda seorang penisnis, atau pengiklan. Karena tools ini saya yakin lebih akurat dari tools manapun.

Alasannya, karena tools ini milik google sendiri.

Ubersuggest : Jika anda seorang pemula, atau pebisnis yang tidak memiliki banyak modal untuk beriklan.

Uber suggest juga sangat cocok untuk membidik kata kunci kedua setelah Google Keyword Planner.

Mencari Ide Menulis Artikel Menggunakan Tools dari Uber Suggest

Inilah poin penting yang ingin saya bahas.

Selain menggunakan Ubersuggest sebenarnya anda juga bisa menggunakan tools lain seperti Google Keyword Planner atau Keywordtool.

Tapi ada satu kendalanya, yaitu biaya.

Saya tidak tahu apakah Keywordtool lebih akurat daripada ubersuggest atau sebaliknya. Yang saya tahu adalah, Ubersuggest adalah tools gratisan dan cocok untuk pemula.

Sekarang kita mulai mencari ide menulis artikel.

1. Siapkan satu kata kunci yang ingin anda bidik, atau satu kata kunci yang berhubungan dengan niche blog anda.

Dalam hal ini misalnya, niche blog saya yang satu ini adalah tentang Blogging.

Maka saya bisa memasukkan kata kunci " Panduan Blog " di kotak pencarian uber suggest.


Tujuannya adalah, untuk menciptakan kata kunci turunan, yang mana kata kunci tersebut nantinya dapat dijadikan sebuah artikel/ide menulis.

Sebelum menekan Tombol Look Up di Ubersuggest, silahkan tentukan target negara anda, dalam hal ini saya memilih Indonesia karena bahasa blog ini menggunakan bahasa indonesia.

Setelah menekan look up di uber suggest, ubersuggest akan menampilkan data-data terkait kata kunci yang anda bidik.

Hasilnya:


Dari kata kunci yang saya bidik tersebut, tercipta berbagai macam kata kunci turunan hingga 700 kata kunci.

Seperti:
  • Panduan membuat blog.
  • Panduan meningkatkan traffic blog.
  • Panduan agar blog menjadi terkenal.
  • Panduan mempercantik tampilan blog.

Yang saya sebutkan diatas merupakan kata kunci turunannya (ini hanya sekedar contoh)

Dari kata kunci yang anda temukan seperti diatas, anda dapat menggunakannya untuk dijadikan sebagai judul artikel atau Optimasi SEO Onpage.

Jika saya ditanya, apakah saya memilih Optimasi SEO Onpage atau Sekedar Mencari Ide, maka saya lebih memilih untuk sekedar mencari IDE.

Saya menyerah dalam dunia SEO, karena memang saya tidak mampu SEO. Ketidak mampuan saya karena ada berbagai macam alasan seperti:
  • Tidak banyak waktu.
  • Tidak banyak ilmu.
  • Tidak banyak tenaga.
  • Dan tidak biaya.

Dari keempat alasan yang saya sebutkan diatas, sangat mirip dengan bahasan milik PanduanIM mas Darmawan.

Itulah kenyataannya.

Saya lebih banyak menghabiskan waktu saya untuk keperluan didunia nyata ketimbang didunia maya, itulah mengapa saya tidak mampu menerapkan Strategi SEO, ditambah lagi saya harus bekerja pada hari-hari biasa.

Jadi, apa inti dari artikel ini sebenarnya?

Saya tidak ingin memperpanjang lebar artikel ini, karena takut anda akan meninggalkan blog saya ini, lantaran apa yang saya bahas nanti tidak nyambung, jadi saya akan mengakhirinya secepat mungkin.

Inti dari artikel ini adalah

Gunakanlah tools kata kunci diatas untuk mencari ide menulis artikel kalian, karena saya rasa tools ini dapat membantu anda menemukan ide-ide yang terbenak dalam pikiran anda. Bisa jadi pikiran anda akan dibanjiri dengan ide-ide setelah menggunakan tools ini.

Itu saja dari saya, jika ada tambahan silahkan tulis di komentar.

Jika ada kesalahan dari yang saya sampaikan diatas, saya mohon maaf, karena saya juga manusia yang tidak luput dari kesalahan.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon