03/08/19

Cara Mengatur Waktu Untuk Ngeblog

mengatur waktu ngeblog

Lanjutan dari postingan sebelumnya.

Jujur, mengatur waktu untuk blogging adalah perkara yang sulit. Kenapa saya katakan sulit? Karena sebagian besar blogger-blogger pemula lupa dengan waktu yang seharusnya digunakan untuk update postingan malah digunakan untuk bersenang-senang.

Kebanyakan blogger-blogger pemula mengabaikan waktunya dengan alasan "saya tidak pernah punya banyak waktu" atau "pikiran saya lagi buntu, jadi nggak bisa nulis", akibat dari alasan ini, blog mereka akhirnya jadi terabaikan.

Kalau sudah tidak terurus berarti tidak ada masa depan yang baik untuk blognya.

Tapi khusus untuk blogger-blogger yang serius. Biasanya dalam sehari, ia lebih rela menghabiskan waktunya untuk mengelola blog dibandingkan dengan aktivitas lainnya.

Blogger-blogger seperti ini saya jamin akan sukses untuk kedepannya.

Sekarang kita akan balik lagi ke masalah waktu.

Dalam sehari, berapa lama anda menghabiskan waktu anda untuk membuka ponsel?

Jika lebih dari satu jam, maka itu sudah lebih dari cukup untuk mengelola blog anda dalam sehari.

Saya pribadi menghabiskan waktu 3 jam untuk mengelola blog, termasuk update postingan, menulis postingan, sampai mempromosikan blog.

Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama: Cari Waktu Yang Pas Untuk Mengelola Blog

Biasanya nggak banyak orang yang peduli dengan waktu ngeblognya, rata-rata mereka ngeblog dengan waktu yang mereka suka.

Sebenarnya nggak ada masalah dan ini malah bagus buat mereka, karena dengan waktu seperti ini menjadikan mereka lebih rileks mengelola blog sesuai dengan mood mereka.

Namun masalahnya adalah, waktu yang mereka suka yang saya maksudkan disini adalah mereka hanya mengelola blog dalam jangka sebulan sekali atau bahkan jarang dikelola sama sekali. Saya yakin, ini bisa menjadi penghambat kesuksesan blognya dimasa depan.

Lalu, bagaimana cara mencari waktu yang pas?

Saya pribadi hanya ngeblog disaat-saat malam, terutama disaat semua kebisingan didalam rumah sedang sepi. Misalnya ketika semua orang sudah tertidur.

Nah, disaat-saat seperti inilah yang saya suka, karena inspirasi saya keluar kemana-mana. Setelah inspirasi keluar, saya langsung menuangkannya melalui tulisan.

Untuk itu, saran saya carilah waktu malam yang pas, anda bisa mengambil waktu sebelum shubuh, karena waktu ini adalah waktu yang sangat pas menurut saya. Waktu dimana orang-orang masih tertidur dan tidak ada suara hingar-bingar mesin diluar jalan.

Kedua: Gunakan 10 Menit Pertama anda untuk melakukan Riset

Sebenarnya anda tidak wajib melakukan riset, kecuali jika anda ingin hasil yang maksimal dari blog anda. Jika anda tidak mampu melakukan riset dalam 10 menit, anda bisa langsung menulis apa yang tertuang didalam pikiran anda.

Kenapa perlu riset?

Karena dengan melakukan riset, anda tidak hanya mencari artikel yang sedang dicari, melainkan juga mencari ide ketika anda tidak punya satupun ide untuk menulis.

Selain itu, riset juga mempunyai manfaat lain seperti meningkatkan pengunjung dalam waktu dekat, karena artikel anda mempunyai peluang untuk rangking di halaman pertama google dibandingkan dengan tidak melakukan riset yang rata-rata membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar berada di halaman pertama Google.

Ketiga: Gunakan Sisa Waktu Untuk Menulis Artikel

Waktu yang harus banyak dikeluarkan adalah waktu untuk menulis artikel, saya bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam atau lebih untuk menulis artikel dengan rata-rata 700 kata.

Tapi kendalanya adalah tidak semua artikel yang saya tulis bisa enak dibaca seperti sekarang ini. Pasti ada kata-kata yang salah tulis atau gaya bahasa yang tidak enak dibaca, sehingga terpaksa saya harus memperbaikinya lagi.

Pernah juga saya langsung posting tanpa koreksi, hasilnya? tulisan saya nggak enak dibaca. Karena sudah tidak enak dibaca jadinya tidak ada yang mau baca tulisan saya.

Kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan promosi?

Untuk melakukan promosi konten, anda bisa melakukannya kapan saja saat anda memegang ponsel. Tidak butuh waktu khusus seperti waktu yang sudah saya sebutkan.

Kecuali jika anda melakukan promosi konten seperti menggunakan layanan berbayar Google Adword atau Facebook Ads, mungkin butuh waktu yang lebih lama, karena anda butuh riset agar promosi anda benar-benar tertarget.

Kalau tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dan waktu, anda bisa melakukan promosi di grup-grup sosial media yang membahas topik yang sama dengan blog anda. Ingat ya, jangan melakukan spam di sosial media karena yang namanya spam itu tidak bagus.

Jadi kesimpulannya,

Mengatur waktu untuk ngeblog itu penting, tapi juga tidak mudah, karena salah satu faktor kesuksesan sebuah blog adalah karena adanya konsistensi.

Jangan hanya konsisten ketika di awal membangun blog, tapi terapkan konsisten ini secara terus menerus. Selain konsistensi sebenarnya ada satu hal lagi yang lebih penting, yaitu kualitas artikel.

Kualitas artikel nomor satu, kuantitas nomor dua.

Walaupun tidak mudah tapi saya yakin anda pasti bisa melakukannya.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon