Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Berapa Bunga Bank Yang Masuk Kedalam Rekening Kita

Semua bank-bank konvensional pada dasarnya akan memberikan bonus kepada nasabahnya apabila nasabah menyimpan uang lebih di rekeningnya.

Biasanya jika uang yang disimpan mencapai jumlah tertentu, bank akan memberikan bonus kepada nasabahnya sebagai rasa terimakasih karena sudah menggunakan jasa layanannya.

Bonus yang diberikan bank itulah yang kita sebut sebagai bunga bank, namun sayangnya dalam hukum islam, bunga bank merupakan riba, sehingga mau tidak mau kita harus mengeluarkan bunga bank tersebut.

Entah dengan cara menyedekahkannya ke lembaga sosial ataupun menyimpannya sendiri, tidak digunakan dan tidak dimusnahkan.

Namun, jika kita berniat untuk menyedekahkanya, kita tidak boleh sembarangan menyedekahkannya karena  yang kita sedekahkan adalah harta riba, harta tersebut tidak boleh dimakan, dan tentunya akad sedekahnya pun beda nantinya.

Kita harus menyedekahkannya dalam bentuk lain, seperti untuk keperluan pembangunan jalan, pembangunan pesantren, pembangunan fasilitas umum, dan lain sebagainya.

Insya Allah, hidup kita nantinya akan menjadi tenang jika kita sudah mengeluarkan harta riba tersebut, karena mengingat betapa besarnya dosa dari memakan harta riba.


Cara Menyalurkan Harta Riba

Anda bisa menyalurkan harta riba tersebut melalui lembaga-lembaga khusus seperti Rumah Zakat, Laznaz Nurul Hayat, dan lain sebagainya. Jika anda bingung ingin memilih lembaga mana, maka sebagai saran saya anda bisa memilih salah satu dari tiga lembaga yang telah saya sebutkan diatas.

Jika anda sudah memilih salah satu dari ketiga lembaga diatas, silahkan hubungi lembaga tersebut melalui akun instagram resminya yang sudah diverifikasi.

Berikut ini adalah cuplikan dari pesan singkat saya ke Lembaga Rumah Zakat bahwa mereka menerima sumbangan berupa harta riba/bunga dari bank.


Namun dengan syarat anda harus mengakadkannya sebagai mengeluarkan harta riba. Dan insya Allah, setelah mengeluarkan harta riba nanti, harta anda akan menjadi lebih berkah, karena semua penghasilan anda halal untuk dinikmati, insya Allah.

Cara Mengetahui Berapa Bunga Bank Yang Masuk ke dalam Rekening Kita

Panduan ini hanya khusus untuk nasabah BCA yang sudah terdaftar layanan Internet Banking

Untuk mengetahui berapa bunga bank yang masuk, anda harus memiliki fasilitas Internet Banking. Kenapa harus fasiltas Internet Banking? karena fasilitas internet banking merupakan fasilitas terlengkap yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita berada, serta bebas menggunakan perangkat apa saja.

Jika Anda belum memiliki Internet Banking, silahkan mendaftar Internet Banking terlebih dahulu, caranya silahkan datangi Layanan ATM Terdekat di Kota Anda, misalnya di Alfamart atau Indomaret.

Untuk cara mendaftar Internet Banking melalui ATM, mungkin saya akan membahasnya dilain waktu karena mengingat postingan ini hanya fokus untuk membahas topik mengetahui jumlah bunga bank yang masuk.

Oke, kita langsung masuk ke topik, bagaimana cara mengetahui bunga bank yang masuk.

Karena saya menggunakan BCA, maka panduan ini hanya khusus untuk Bank BCA saja, untuk bank lainnya, mungkin saya akan membahasnya nanti di lain waktu. Atau anda bisa menyesuaikan sendiri dengan panduan berikut ini.

Langkah Pertama, silahkan Buka Internet Banking Anda di www.klikbca.com, ingat jangan sampai salah, alamatnya harus www.klikbca.com atau klikbca.com, bukan yang lain.

Langkah Kedua, buka fullsite bagi anda yang menggunakan Ponsel Android, untuk membuka web versi komputer.


Langkah Ketiga, Login menggunakan akun KlikBCA Anda.
Langkah Keempat, buka menu E-Statement.
Langkah Kelima, Pilih Tabungan dan Giro.


Langkah Keenam, Silahkan download semua e-statement anda, dari periode awal sampai dengan periode bulan ini. E-statement ini nantinya akan terdownload dalam bentuk PDF.

Langkah Terakhir, Jika semuanya sudah didownload, silahkan kumpulkan semua file PDF tersebut kedalam satu file, sehingga anda nantinya dapat mengeceknya dengan mudah. 1 File PDF yang anda download biasanya terdapat setidaknya 1 data mengenai bunga bank yang masuk kedalam rekening anda, jika anda menyimpan uang anda lebih dari satu juta.

Berikut ini adalah contoh salah satu file pdf milik saya yang saya buka.


Dibawahnya, terdapat satu data mengenai bunga bank yang diberikan BCA, nah bunga bank inilah yang nantinya akan kita keluarkan untuk disalurkan ke Lembaga sosial seperti Rumah Zakat, Nurul Hayat, atau Aksi Cepat Tanggap.

Apakah saya harus membuka file PDF tersebut satu persatu untuk mengecek bunga bank saya yang masuk?

Benar, anda harus mengeceknya satu persatu, karena setiap file PDF biasanya terdapat satu list angka bunga bank yang masuk, nah jumlah bunga bank inilah yang harus anda catat untuk dijumlahkan secara keseluruhan.

Setelah anda menjumlahkan seluruh bunga bank anda, silahkan siapkan sejumlah uang untuk disalurkan ke lembaga sosial.

Bunga yang diberikan dari bank biasanya bervariasi tergantung berapa uang yang anda simpan selama satu bulan di rekening.

Makin banyak uang yang anda simpan, makin banyak juga bunga yang anda dapatkan dan harus dikeluarkan.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, bunga bank yang harus saya keluarkan dulu kurang lebih sekitar 150ribu dengan total penyimpanan rata-rata 1 hingga 5 juta keatas. Maka dalam hal ini kita harus lebih berhati-hati ketika menggunakan bank konvensional agar tidak terjerumus dengan dosa riba, semoga informasi ini bermanfaat, aamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Berapa Bunga Bank Yang Masuk Kedalam Rekening Kita"

Berlangganan via Email