Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Whatsapp Messenger

Baru-baru ini, Whatsapp telah meluncurkan fitur baru yang bernama Dark Mode (Mode Gelap). Fitur yang sudah dinanti-nanti oleh banyak pengguna ini akhirnya dirilis juga.

whatsapp dark mode

Sebelum fitur ini diluncurkan, whatsapp sempat menguji aplikasi versi betanya, dan siapa yang ingin menggunakan fitur ini harus mengupdate aplikasi Whatsapp ke Versi Beta.

Terlebih lagi harus mencadangkan data mereka sebelum menggunakannya. Karena berpotensi kehilangan data apabila ditemukan bug pada aplikasi.

Namun, pada saat ini Whatsapp telah mempublikasikan fitur ini secara Global termasuk di Indonesia, sehingga semua pengguna Android dapat menikmati fitur ini.

Namun khusus bagi pengguna Android 10, fitur ini akan secara otomatis diaktifkan apabila anda mengaktifkan tema gelap di ponsel. Namun, untuk Android 9 atau dibawahnya, anda harus mengaktifkan fitur ini secara manual.

Keuntungan Menggunakan Tema Gelap


Trend desain pada tahun 2020


Fitur Dark Mode merupakan salah satu fitur trend desain pada tahun 2020. 

Fitur ini didesain untuk menyesuaikan minat pengguna pada tampilan aplikasi, karena seiring perkembangan waktu, jumlah pengguna android terus bertambah.

Dan tidak jarang juga ada pihak ketiga yang memodifikasi tampilan aplikasi untuk diberikan fitur Dark Mode yang tidak ada pada aplikasi resmi. Sehingga memungkinkan banyak pengguna beralih menggunakan Aplikasi versi modifikasinya.

Fitur yang dinanti banyak orang


Pengguna Whatsapp pasti banyak yang setuju jika fitur dark mode dirilis untuk publik. Karena selama pengembangan versi beta, banyak pengguna yang ikut serta mencoba aplikasi ini hanya karena ingin menikmati Tema Gelap pada Aplikasi.

Dan akhirnya setelah versi beta itu dikembangkan, akhirnya whatsapp resmi memperkenalkan fitur tema dark mode pada aplikasi. Jika anda ingin menikmati fitur ini, anda harus segera memperbarui aplikasi anda ke versi terbaru.

Digunakan oleh Beberapa Aplikasi Populer


Beberapa aplikasi populer yang menerapkan desain Dark Mode diantaranya yaitu Google Playstore, Youtube, Facebook, Google Chrome, dan UC Browser.

Dan untuk kedepannya lagi, mungkin akan lebih banyak lagi aplikasi populer yang menerapkan fitur Dark Mode. Salah satunya mungkin adalah Instagram, karena Instagram merupakan salah satu perusahaan yang diakuisisi oleh Facebook.

Dapat Mengistirahatkan Mata


Selain elegan di tampilan, fitur Dark Mode juga dapat digunakan untuk mengistirahatkan mata anda, terutama buat anda yang tidak suka dengan background aplikasi yang terlalu terang.

Background aplikasi yang terlalu terang dapat menyebabkan mata cepat lelah oleh pancaran radiasi ponsel. Oleh karena itu, fitur Dark Mode, merupakan fitur yang sangat penting untuk mengistirahatkan mata.

Cara Mengaktifkan Fitur Mode Gelap di Whatsapp


Untuk Mengaktifkan fitur ini, caranya sangat mudah:

  1. Masuk ke Whatsapp.
  2. Ketuk Icon titik tiga disebelah kanan atas.
  3. Buka Setelan.
  4. Buka Menu Chat.
  5. Pada Kategori Tampilan, pilih menu Tema.
  6. Ganti Tema Terang Menjadi Gelap.

Sekarang anda sudah bisa menikmati fitur mode Gelap pada Whatsapp.

Bagimana, fitur ini keren kan?

Sebelum adanya fitur mode gelap pada Whatsapp

Sebelum fitur ini diluncurkan, jujur saya merasa tidak nyaman dengan aplikasi whatsapp karena tampilannya yang cukup cerah dan dapat membuat mata lelah jika terus-terusan membuka aplikasi.

Saya juga sering menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang menyediakan tema gelap pada Whatsapp. Aplikasi yang saya gunakan adalah Aplikasi Modding yang tentunya berbeda dengan aplikasi versi resmi.

Saya juga menemukan beberapa kekurangan pada aplikasi versi Modding, diantaranya yaitu tidak bisa backup dan tidak bisa update aplikasi, jadi sebelum saya memperbarui aplikasi tersebut, saya harus uninstal terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, alhamdulillah, kini whatsapp sudah merilis tema gelap, dan bahkan beberapa aplikasi populer lainnya juga telah mengikuti perkembangan trend desain pada tahun ini.

Sehingga saya tidak memerlukan aplikasi modding lagi. Cukup gunakan aplikasi resmi, lalu mengaktifkan mode gelap. Good bye aplikasi modding.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Whatsapp Messenger"

Berlangganan via Email