Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muslim Umma, Aplikasi Pengingat Shalat Terbaik Tanpa Iklan

Alhamdulillah, pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur terlebih dahulu atas kehadirat Allah SWT, karena sampai hari ini saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan berupa waktu untuk menulis.

Pada postingan kali ini saya akan menbahas mengenai Aplikasi Umma, salah satu aplikasi Pengingat Shalat yang saat ini sedang trending di Dunia Maya. Aplikasi ini sudah didownload dan diinstal oleh lebih dari 5 juta pengguna Android di Internet.

umma banner

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak ada satupun iklan didalamnya, sehingga penggunaan aplikasi ini tetap nyaman dan aman karena tidak ada gangguan apapun didalamnya.

Selain tanpa iklan, Umma juga menyediakan berbagai macam event menarik, salah satunya yaitu Event berhadiah, dimana hadiah tersebut akan diundi dengan beberapa syarat yang harus anda penuhi nantinya.

Event lain yang tidak kalah menarik lainnya adalah diadakannya kajian online langsung di aplikasi umma, tidak jarang biasanya umma akan mengundang salah satu ustadz yang terkenal, sebut saja salah satunya yaitu Ustad Lukmanul Hakim.

Insya Allah, dengan diadakannya kajian online ini, semoga semakin menambah istiqomah kita dalam beribadah kepada Nya, aamiin.

Unduh Aplikasi Umma

Sebelum kita memasuki pembahasan utama di artikel ini, ada baiknya anda mendownload aplikasi Umma terlebih dahulu, agar anda bisa mengetahui sepenuhnya mengenai aplikasi Umma.

Umma dapat diunduh langsung melalui Google Playstore dan Appstore (IOS) anda bisa mengetikkan kata Kunci "Umma" untuk mencari Aplikasi ini.

Atau Anda juga bisa join melalui link download yang saya bagikan berikut ini : Muslim Umma

Setelah anda mendownload Umma, silahkan Buka Aplikasi Umma.

Jika muncul Notifikasi untuk mengaktifkan waktu shalat dan petunjuk arah kiblat, silahkan aktifkan atau anda juga bisa melewati jika ingin mengaktifkannya nanti.

waktu shalat di muslim umma

Sekarang anda sudah siap untuk menggunakan Aplikasi Umma.

Keunggulan Aplikasi Umma

1. Waktu Shalat Yang Mudah Diakses

Aplikasi ini memang sudah dirancang untuk mengingatkan anda pada waktu shalat.

Sebagaimana kewajiban seorang muslim, shalat merupakan kewajiban utama yang harus dipenuhi dan dilaksanakan tepat pada waktunya. Bahkan dalam sebuah hadist, shalat merupakan amalan pertama yang akan di hisab nanti di akhirat.

Tugas dari Aplikasi Umma hanyalah semata-mata mengingatkan anda pada jam-jam waktu shalat.

jadwal shalat di muslim umma

Di Aplikasi Umma, anda akan mendapatkan notifikasi waktu shalat setiap kali memasuki waktu shalat. Ada 2 pilihan ringtone adzan yang saat ini tersedia di Aplikasi Umma, untuk kedepannya mungkin suara ringtone ini akan ditambah.

Untuk mendapatkan info waktu shalat berdasarkan wilayah anda:
  • Silahkan buka Aplikasi Umma.
  • Lalu buka Tab Shalat.
  • Kemudian, Atur lokasi anda saat ini.
  • Jika diperlukan, silahkan aktifkan GPS anda.
  • Aplikasi Umma siap mengingatkan anda jika sudah memasuki waktu shalat.

Tips Mengatasi Notifikasi Adzan yang sering macet

Jika notifikasi adzan anda sering macet saat menggunakan aplikasi Umma, biasanya ada faktor kecil yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu karena banyaknya aplikasi berat yang saling bertindihan.

Apabila anda mengalami notifikasi adzan macet, anda harus menguninstal beberapa aplikasi yang anda miliki atau anda juga bisa menghentikan paksa aplikasi anda dengan cara masuk ke pengaturan, dan paksa berhenti aplikasi.

Insya Allah, jika anda sudah menghentikan beberapa aplikasi berat, anda akan bisa mendapatkan notifikasi waktu shalat sebagaimana mestinya.

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan Aplikasi Umma, Alhamdulillah Notifikasi Adzan saya tidak sering mengalami macet.

Apabila notifikasi adzan anda sampai macet, hal ini tentunya akan sangat merugikan anda apabila anda telat mendapatkan waktu shalat, karena kesempatan shalat di awal waktu anda jadi hilang.

2. Info Arah Kiblat Yang Akurat

Selain mengingatkan anda pada waktu shalat, aplikasi umma juga dapat membantu anda apabila anda kesulitan untuk menemukan arah kiblat.

Arah kiblat yang akan ditunjuk umma nantinya akan bergantung berdasarkan fitur kompas yang ada di Ponsel anda, apabila ponsel anda mendukung fitur sensor magnetometer, maka fitur pencarian arah kiblat ini akab berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, jika ponsel anda tidak mendukung sensor magnetometer, anda dapat mengakalinya dengan mengarahkan Jarum N ke Arah Utara, seperti yang sudah dijelaskan oleh Umma.

Untuk mendapatkan info mengenai arah kiblat:
  • Silahkan buka Aplikasi Umma.
  • Buka Tab Shalat.
  • Ketuk Logo Kompas disebelah kiri atas Aplikasi Umma.
  • Letakkan ponsel anda di Lantai atau Meja.
  • Silahkan perhatikan posisi Arah kiblat anda.

3. Terdapat Beberapa Event Yang Menarik di Aplikasi

Pada dasarnya, aplikasi umma merupakan aplikasi umum untuk mengingatkan anda pada waktu shalat, namun tidak menutup kemungkinan, pihak developer biasanya akan memberikan beberapa kejutan melalui aplikasi, salah satunya yaitu kejutan berhadiah.

Apakah saya bisa mendapatkan hadiah dari Umma?

Jawabannya adalah bisa, semua orang tentunya mempunyai kesempatan untuk memenangkan hadiah, hanya saja, event ini sangat terbatas dan mungkin akan membuat kita bersaing dengan 5 juta orang yang menggunakan Aplikasi ini.

Namun anda jangan khawatir, jika memang itu sudah menjadi rezeki, insya Allah kita akan menang dari Event tersebut. Tentunya kita harus banyak-banyak berdoa dan berikhtiar agar kesempatan menang kita semakin banyak.

Bagaimana cara ikhtiar untuk mendapatkan hadiah dari Umma?

Login Setiap Hari untuk mendapatkan 1 Kunci Berhadiah

Untuk mendapatkan kupon hadiah atau kunci, silahkan anda login setiap hari di aplikasi Umma, caranya buka Beranda Umma, geser ke panel Untuk Anda. Kemudian silahkan masuk ke Banner Event yang menampilkan Event berhadiah.


Silahkan ketuk menu Free Key untuk mendapatkan satu kupon berhadiah untuk diundi.

Jika anda belum membuat akun di aplikasi Umma, anda akan diarahkan untuk menghubungkan akun sosial media anda terlebih dahulu.

Ada 3 pilihan untuk membuat akun, diantaranya yaitu, Login menggunakan Nomor telepon, menghubungkannya dengan Facebook, atau menghubungkannya dengan Akun Google.

Undang Lebih Banyak Teman untuk meraih kesempatan memenangkan hadiah

Dengan mengundang teman untuk menggunakan Aplikasi Umma, anda sudah mempunyai satu kesempatan tambahan untuk menang, karena setiap kali anda mengundang teman, anda akan mendapatkan satu buah kunci atau kupon berhadiah.

Semakin banyak teman yang diundang maka semakin banyak pula kesempatan anda untuk menang.

Bagaimana cara mengundang teman?

Sebelum anda mengundang teman silahkan masuk ke aplikasi Umma Terlebih dahulu.

Kemudian Buka Event yang dimaksud, ketuk Undang Sekarang Untuk mengundang teman anda.


Pilih Cara untuk mengundang teman anda, anda bisa memilih untuk mengundang teman melalui Facebook, Whatsapp, Email, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk selalu memposting link undangan umma anda kemana saja, karena setiap kali ada pengguna yang masuk dan mendownload aplikasi Umma melalui link anda, anda berhak mendapatkan satu kupon undian berhadiah.

4. Artikel menarik yang siap dibaca

Jika anda membuka Umma, anda akan melihat berbagai artikel menarik yang siap untuk dibaca.

Artikel yang tampil di Umma berasal dari kumpulan pengguna Umma yang aktif di Aplikasi. Anda bisa membaca artikel di Umma apabila anda mempunyai kelonggaran waktu yang banyak, namun tidak ada aktivitas yang memadai.

Salah satu artikel yang pernah saya baca di Umma yaitu tentang Keutamaan Sedekah yang berasal dari salah satu pengguna Umma.

Tentunya dengan membaca artikel-artikel di Umma, insya Allah, anda sudah menggunakan waktu anda dengan sebaik-baiknya. Karena muslim yang baik selalu menggunakan waktunya dengan baik dan meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya.

Berbagi artikel di Umma

Selain bisa membaca artikel, anda juga mempunyai kesempatan berbagi artikel di Umma. Anda bisa menulis, membagikan Video, membagikan gambar atau mengajukan pertanyaan.

memposting di muslim umma

Untuk memposting sesuatu di Umma, silahkan ketuk logo Plus dibawah Aplikasi, kemudian pilih salah satu untuk diposting, yaitu Gambar, Video, atau Pertanyaan.

Mendapatkan Lencana di Profil

Lencana merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Umma, ada banyak pilihan lencana yang bisa didapatkan dengan cara yang mudah, salah satunya yaitu melengkapi profil anda di Umma.

Jika anda melengkapi profil di Umma, anda akan mendapatkan lencana Warga Umma. Lencana ini akan ditampilkan di profil anda apabila anda sudah melengkapi profil di Umma.

Selain melengkapi profil, anda juga bisa mendapatkan lencana lain seperti Lencana Komentator jika anda aktif berkomentar, Lencana Silaturahmi jika anda mengikuti pengguna lain di Umma, atau Lencana Influencer jika anda mendapatkan pengikut di Umma.

Mendapatkan pengikut di Umma

Untuk mendapatkan lebih banyak pengikut di Umma, anda bisa share profil anda ke pengguna Umma lainnya. Caranya, silahkan ketuk logo barcode yang ada disebelah kanan atas layar, tepatnya berada ditengah-tengah icon.

Kemudian, silahkan share logo barcode anda ke pengguna Umma lainnya.

Berikut ini adalah contoh logo barcode milik saya, jika anda ingin menjadi pengikut saya, silahkan scan kode barcode berikut.

kode qr muslim umma

Apabila anda ingin mendapatkan lebih banyak pengikut lagi, silahkan aktif untuk menshare di sosial media anda.

5. Kajian Live Streaming Langsung di Aplikasi Umma

Selain perannya sebagai aplikasi pengingat shalat dan menunjukkan arah kiblat, pihak developer Umma juga kadang menawari beberapa Event menarik.

Diantaranya yaitu diadakannya kajian Online langsung di Aplikasi Umma, kajian online ini tentunya dapat disaksikan oleh pengguna Aktif Umma dimanasaja ia berada.

Anda hanya memerlukan koneksi internet yang stabil agar bisa mengakses dan mendengarkan kajiannya. Itulah beberapa keunggulan aplikasi Umma yang bisa sata sampaikan.

Demikian semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Muslim Umma, Aplikasi Pengingat Shalat Terbaik Tanpa Iklan"

Berlangganan via Email