Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Template Blogger Untuk Pemula

Buat anda yang sedang bingung memilih template, rekomendasi template ini mungkin sangat cocok untuk anda. Terutama buat anda yang baru bergabung di dunia Blogging.

Template-template yang saya rekomendasikan dibawah ini merupakan template yang sudah pernah saya pakai. Sehingga kelebihan dan kekurangan template ini dapat saya cantumkan disini.

rekomendasi template blogger untuk pemula

Silahkan pilih salah satu template yang saya rekomendasikan dibawah ini. Insya Allah, template yang saya rekomendasikan dibawah ini tidak akan mengecewakan.


Untuk kelebihan dan kekurangannya silahkan anda simak dibawah ini:

LinkMagz


demo template linkmagz

Template pertama yang saya rekomendasikan adalah template LinkMagz. LinkMagz merupakan salah satu template Blogger buatan Mas Sugeng.

Fitur dari template ini bisa dikatakan mirip blog wordpress karena ada beberapa fitur yang mendukung seperti tersedianya halaman produk, jasa, dan iklan layaknya Blog Wordpress.

Mirip seperti plugin e-commerce di wordpress, dimana nantinya anda cukup membuat label baru dengan nama produk, jasa, atau iklan, maka halaman yang anda maksud akan tercipta secara otomatis, keren kan?

Kelebihan Template LinkMagz


1. Penyetingan Template yang mudah

Untuk masalah setting, menurut saya template ini menjadi juaranya, karena template ini dapat disetting dengan mudah tanpa harus mengotak atik Menu HTML.

Anda bisa mengubah warna, dimensi, pasang banner hingga pasang iklan hanya melalui menu Tata Letak dan Desainer Bawaan Blogger saja.

Buat kamu yang sering bergonta-ganti template, pasti kamu akan menyadari bahwa ada yang berbeda dengan template ini.

2. Dapat dipahami oleh blogger-blogger pemula

Biasanya, setelah kita mendownload template gratis atau beli template premium, kita akan disibukkan oleh waktu seperti harus mengedit ulang template.

Bagaimana dengan blogger pemula yang tidak tahu cara mengedit HTML? Tentunya mereka akan bingung jika mereka tidak mengetahui dasar-dasar menu pada HTML.

Namun untuk template LinkMagz ini, semua panduan yang diberikan oleh Mas Sugeng bisa dipahami, dan penyetingannya pun cukup mudah tanpa harus mengedit menu HTML.

3. Bisa digunakan untuk Jualan Produk

Selain posting artikel, anda juga bisa memposting produk, jasa, dan iklan, caranya cukup mudah, cukup posting dan berikan label produk, jasa, atau iklan pada artikel anda, maka secara otomatis halaman yang anda maksud akan tercipta dengan sendirinya.

4. Responsive

Tidak perlu bingung apakah template ini responsive atau tidak, karena semua template yang dijual oleh mas sugeng tentunya sudah responsive dan bisa diandalkan.

Karena responsive merupakan salah satu fitur yang sangat penting dan mas sugeng tidak akan melewatkan hal ini.

5. SEO Friendly

Selain memiliki berbagai macam kelebihan yang menarik, rasanya tidak akan lengkap jika template ini tidak support dengan SEO. Karena seo merupakan salah satu fitur penting, dan harus ada di sebuah template.

Untuk masalah seo pada template ini, saya sudah mempercayakannya kepada mas sugeng.

5. Mengikuti Trend Desain 2020 (Mode Gelap)

Fitur Dark Mode atau Mode Gelap merupakan salah satu trend desain pada tahun 2020. Karena beberapa aplikasi populer seperti Youtube, Facebook, Whatsapp, Google Chrome, dan Google Playstore sudah menerapkan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada template ini, cukup tekan tombol dark mode yang sudah disiapkan, tepatnya disebelah kanan atas menu.

Kekurangan Template LinkMagz


1. Harga Template Yang Jauh Lebih Mahal

Beberapa blogger pemula mungkin akan setuju jika template LinkMagz merupakan harga template termahal, karena harga template blogger biasanya hanya dipatok 70rb hingga 100 ribu per template saja.

Namun meskipun harga template ini mahal tentunya tak sebanding dengan fitur-fitur yang sudah disediakan. Mulai dari kemudahan akses template, pengaturan, hingga panduan template yang mudah dipahami.

Sebenarnya dengan harga yang mahal ini tidak akan menjadi masalah, jika kita berniat menggunakan template ini dalam jangka waktu yang panjang.

2. Tidak Ada Halaman Belanja atau Halaman Khusus Pembayaran

Jika orang lain melakukan pembelian produk atau jasa melalui blog kita, maka ia harus menghitung sendiri total pembayarannya karena template ini masih belum mendukung halaman belanja atau halaman pembayaran.

Tidak seperti template Blogger lain yang sudah menyediakan halaman belanja atau halaman pembayaran, sehingga memudahkan pelanggan untuk bertransaksi.

Sebagai gantinya

Template ini masih menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi utamanya. Jika ada yang ingin melakukan pembelian produk, maka pelanggan harus mengirim pesan whatsapp terlebih dahulu agar bisa bertransaksi dengan penjual.

Namun untuk kedepannya, saya tidak tahu apakah mas sugeng akan menambahkan fitur-fitur baru ke template ini. Mudah-mudahan saja ditambahkan, mengingat template ini mempunyai banyak sekali peminat.

VioMagz


demo template viomagz

Selanjutnya adalah template VioMagz. Template VioMagz merupakan template kedua yang saya rekomendasikan karena masih tergolong sangat mudah dalam hal penyetingannya, seperti halnya template LinkMagz.

Desain dari template viomagz juga tidak kalah keren dari template LinkMagz dan harganya pun jauh lebih murah.

Kelebihan Template VioMagz


1. Penyetingan Template Yang Mudah

Seperti halnya template mas sugeng yang lain, VioMagz juga dapat dikatakan template yang sangat cocok untuk blogger-blogger pemula, khususnya buat mereka yang tidak mempunyai pemahaman coding.

Karena template ini juga dapat disetting dengan mudah hanya melalui menu Tata Letak ataupun menu Desainer Bawaan Blogger.

2. Desain Warna Yang Menarik

VioMagz mempunyai dua desain warna yang menarik, yaitu biru dan biru muda. Dua desain warna tersebut diletakkan dalam satu header sehingga nyaman untuk dilihat baik melalui perangkat desktop maupun perangkat seluler.

Desain tersebut dapat disesuaikan dengan minat masing-masing pengguna, tergantung dari warna kesukaan pengguna. Untuk mengganti warna desain ini, cukup buka menu Desainer Bawaan dari Blogger.

3. Seo Friendly

Seo Friendly merupakan salah satu fitur penting dan tidak boleh terlewatkan, karena desain yang menarik saja tidak akan berpengaruh terhadap SEO.

Template ini sudah dirancang khusus oleh Mas Sugeng agar SEO Friendly, sehingga kita nggak perlu lagi ngotak-atik template agar SEO.

4. Responsive

Merupakan salah satu fitur penting agar blog kita dapat diakses melalui perangkat seluler. Fitur ini saya rasa merupakan fitur yang wajib, bahkan hampir semua template sekarang sudah menyediakan fitur ini.

Kekurangan Template VioMagz


1. Harga Template Yang Mahal

Jika template LinkMagz merupakan template yang paling mahal, maka VioMagz merupakan template yang mahal kedua setelah LinkMagz.

Meskipun template ini bisa dikatakan mahal, namun harga template tersebut masih tidak sebanding dengan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh Mas Sugeng.

Selain itu, jika anda sudah membeli Template VioMagz nanti, anda akan mendapatkan bonus template VioMagz AMP dari Mas Sugeng yang bisa didownload langsung melalui Member Area.

2. Terdapat beberapa Settingan yang harus diatur melalui Menu HTML

Jika anda sudah membeli template ini, maka anda akan menemukan beberapa settingan yang harus diatur melalui Menu HTML.

Tidak seperti template LinkMagz yang bisa diatur sepenuhnya melalui menu Tata Letak atau Menu Desainer Bawaan dari Blogger.

Template VioMagz masih mempunyai kekurangan dan sebagian kecilnya memang harus diedit melalui Menu HTML.

Namun, buat anda yang sudah paham dengan dasar-dasar HTML, anda tidak perlu lagi khawatir dengan ini, karena mas sugeng sudah menyiapkan panduannya.

Tertarik membeli LinkMagz atau VioMagz?
Langsung aja klik tombol dibawah ini:



Keuntungan Membeli Template dari Mas Sugeng


1. Mendapatkan support gratis apabila menemukan bug pada template.
2. Mendapatkan update template gratis selamanya.
3. Mendapatkan akun gratis untuk login di Member Area sugeng.id.
4. Sudah dipercaya oleh 5000+ blogger di seluruh Indonesia
5. Sudah mendapatkan ratusan testimoni positif dari pembeli, sehingga tidak perlu ragu untuk membeli template dari Mas Sugeng.

Simplify 2 Premium


demo template simplify 2 premium

Rekomendasi template selanjutnya adalah Simplify 2. Simplify 2 merupakan template premium pertama yang saya gunakan di blog ini selama dua tahun, sebelum pada akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya ke template LinkMagz.

Ada banyak sekali suka dan duka saya selama menggunakan template ini, mulai dari menghabiskan waktu yang lama untuk membuat konten hingga daftar Adsense sampai diterima.

Tentu saja ini merupakan pengalaman berharga bagi saya dan saya ingin melupakan pengalaman ini.

Kelebihan Template Simplify 2


1. SEO Friendly

SEO Fiendly dari template ini bisa dikatakan cukup bagus, karena beberapa postingan saya dulu pernah mencapai ranking dihalaman pertama Google.

Bahkan beberapa postingan baru saya dapat dengan mudahnya dideteksi oleh pencarian Google, padahal saya sama sekali tidak melakukan submit link ke Google.

2. Responsive

Untuk fitur responsive dari template ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena pastinya semua template buatan Arlina Design sudah didukung penuh fitur Responsive, sehingga dapat memudahkan perangkat seluer untuk mengakses blog kita.

3. Harga template yang murah

Meskipun dulunya sempat mengalami kenaikan harga, namun untuk saat ini, template simplify 2 tidak mengalami kenaikan harga lagi, sehingga tetap dijual di harga 135 ribu.

Harga yang sangat murah mengingat desain dari template ini yang terbilang cukup keren, sehingga dengan harga segitu harusnya template ini dijual dengan harga yang lebih mahal lagi.

Kekurangan Template Simplify 2


1. Pengaturan Template Via HTML

Tidak seperti template LinkMagz dan VioMagz yang hampir semuanya bisa diatur dengan mudah melalui menu Tata Letak atau menu Desainer Bawaan Blogger, template Simplify 2 justru sebaliknya.

Desainer Bawaan blogger pada template ini menjadi tidak berfungsi, karena memang template ini tidak sama seperti VioMagz dan LinkMagz.

Namun apabila anda memiliki skill dasar tentang edit HTML, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah.

2. Font Halaman Terlalu Kecil

Untuk masalah font, sebenarnya saya kurang suka dengan template ini, karena template ini menampilkan font yang kecil pada halaman postingan, terutama jika dilihat dari perangkat seluler.

Tidak seperti template-template lainnya yang menampilkan font dengan ukuran standar, sehingga dapat dibaca dengan jelas.

Sebenarnya kita masih bisa mengatasi masalah ini sendiri dengan cara mengedit HTML.

Namun, tidak semua orang bisa mengedit HTML dan tutorial yang ada di Google juga tidak sepenuhnya bisa mengatasi masalah ini, karena template ini mempunyai setting yang berbeda dari template yang lain.

Jadi, template mana yang harus saya pilih?


Silahkan lihat perbandingannya.

Yang akan anda dapatkan jika anda membeli:

1. Template LinkMagz

  • Cocok untuk Blog Personal.
  • Bisa Ngeblog sambil jualan produk.
  • Harga lebih mahal, tapi berkualitas.
  • Update template gratis selamanya.
  • Bisa diedit melalui Fitur Desainer.
  • SEO Friendly.
  • Responsive.
  • Support Gratis.

2. Template VioMagz

  • Cocok untuk Blog Personal.
  • Harga Standar, tapi berkualitas.
  • Update template gratis selamanya.
  • Bisa diedit melalui Fitur Desainer.
  • Bonus VioMagz AMP.
  • SEO Friendly.
  • Responsive.
  • Support Gratis.

3. Simplify 2 Premium

  • Cocok untuk Blog Personal.
  • Harga lebih murah.
  • SEO Friendly.
  • Responsive.
  • Setting manual via HTML.
  • Bonus Simplify versi pertama.

Kalau menurut saya sendiri lebih baik memilih template LinkMagz atau VioMagz karena template ini lebih untuk pemula meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Template Blogger Untuk Pemula"

Berlangganan via Email