Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taaruf ID, Platform Untuk Menemukan Jodoh Siap Nikah

Taaruf ID Banner

Taaruf merupakan proses perkenalan singkat yang dilakukan oleh dua orang insan untuk saling mengenal kriteria calon pasangan yang akan menikah, tanpa melalui proses berpacaran.

Proses ini dapat menghadirkan perantara selama mereka berkenalan, mulai dari chattingan hingga keduanya merencanakan pertemuan untuk saling bertatap muka secara langsung.

Lamanya proses taaruf biasanya bergantung pada kesepakatan. Ada yang seminggu, sebulan, atau bahkan berbulan-bulan lamanya. Batas maksimalnya adalah 6 bulan.

Kenapa harus menghadirkan perantara selama taaruf?

Jawabannya adalah sebagai pembatas antara kedua insan tersebut, agar tidak terjerumus kepada perbuatan zina.

Perantara ini biasanya berasal dari orang-orang yang amanah dan tidak sembarangan orang bisa dipilih menjadi perantara.

Karena tugas utamanya adalah untuk menyampaikan amanah dari calon pasangan yang akan menikah.

Pastikan perantara yang dipilih adalah orang-orang yang sudah menikah. Bukan dari kalangan jomblo ya hehe.

Untuk berkomunikasi dengan calon pasangan selama proses taaruf, keduanya harus menggunakan media perantara. Tidak boleh chattingan, telponan, maupun ketemuan secara langsung.

Karena pada dasarnya, meskipun mereka hanya sekedar ingin berkenalan, tetap saja ada batasan syar'i yang sudah ditetapkan oleh agama antara laki-laki dan perempuan.

Sehingga mereka tidak boleh berduaan di suatu tempat tanpa ditemani oleh mahramnya, bepergian, dan juga saling kontak secara fisik maupun non fisik.

Diantara contoh kontak fisik yaitu bersentuhan kulit, bepergian tanpa disertai mahram, hingga melakukan hubungan terlarang (naudzubillah).

Sedangkan kontak non fisik dapat berupa perasaan, seperti memikirkan pasangan secara berlebihan, berkirim pesan tanpa ada keperluan, dan lain sebagainya yang dapat menjurus kepada masalah hati.


Hindari Perbuatan Zina


Bayangkan, Al Qur'an menyebut zina adalah suatu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk. Itu karena zina dapat melimpahkan dosa secara turun temurun kepada anak cucu pelakunya.

Semisal ada bayi yang lahir dari hasil perbuatan zina. Maka bayi itu tidak boleh dinasabkan kepada ayah kandungnya melainkan harus dinasabkan kepada ibunya kandungnya.

Karena ayahnya tidak mempunyai hak atas anak tersebut sehingga jika anak tersebut sudah mulai tumbuh dewasa, ayahnya tidak bisa menjadi wali nikah untuk anaknya nanti. Jika tetap dipaksa. Maka pernikahannya tidak sah.

Jika pernikahannya tidak sah, tentu saja hal ini akan memicu perbuatan zina yang dilakukan secara turun temurun oleh anak cucunya tanpa disadari.

Karena pada hakikatnya, pernikahan anak dari hasil perbuatan zina orangtuanya itu tidak sah secara agama.

Kecuali ayah kandungnya mengakui kesalahan yang telah diperbuat dimasa lalu dan menyerahkan prosesi pernikahan anaknya kepada wali hakim.

Itulah akibat dari perbuatan zina yang dilakukan oleh ayah dan ibu kandungnya dulu. Sehingga anak hasil perbuatan zina pun terkena dampak dari perbuatannya.

Padahal Islam sangat memuliakan perempuan

Oleh karena itu, hendaknya para perempuan menolak laki-laki yang hanya ingin mengajaknya berpacaran.

Karena rata-rata, pihak perempuanlah yang paling banyak dirugikan selama berpacaran.

Selain itu, ada ayah dan ibu yang harus kita hargai, karena mereka sudah membesarkan dan mendidik kita sedari kecil. Tentu kita tidak rela bukan, mereka berdua ikut menanggung dosa akibat dari perbuatan kita.

Taaruf Merupakan Solusi


Jika pacaran merupakan perbuatan yang mendekati zina, lantas bagaimana cara mengenal kriteria calon pasangan kita nanti?

Caranya Adalah Taaruf

Taaruf merupakan metode perkenalan syari yang saat ini banyak dipakai oleh masyarakat indonesia yang menerapkan sunnah. Metode ini tentunya menghadirkan sekaligus mempertemukan dua keluarga dari pasangan yang akan menikah.

Melalui metode ini, keduanya dapat saling mengenal dan didampingi langsung oleh keluarganya, sehingga meskipun mereka mengobrol, insya Allah keduanya tidak akan terjerumus kepada perbuatan zina.

Taaruf Secara Online


Mendengar istilah Taaruf Online, mungkin anda akan bertanya-tanya.

Emang taaruf bisa dilakukan secara online? bukankah taaruf itu harus pakai perantara ya? lantas siapakah perantaranya?

Benar, taaruf merupakan metode perkenalan syar'i yang harus menghadirkan perantara selama proses perkenalannya. Namun untuk taaruf online ini, anda tidak perlu khawatir, karena yang menjadi perantaranya adalah admin atau ketua dari komunitas itu sendiri.

Untuk prosesnya bahkan lebih mudah dan lebih gampang daripada taaruf yang dilakukan melalui jalur offline. Karena semua proses perkenalannya dapat dilakukan secara online, tanpa harus menunggu lama.

Beda dengan taaruf offline. Mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk proses perkenalannya, mulai dari mencari calon sampai dengan mengirim CV, kalaupun ketemu target, itupun belum tentu dia mau sama kita hehe.

Saya pengen taaruf online, trus gimana caranya?

Caranya adalah bergabung dengan komunitas taaruf online yang kini sudah tersebar di Indonesia. Ada banyak situs atau aplikasi yang menyediakan layanan taaruf secara online, salah satunya yaitu Taaruf ID.

Taaruf ID merupakan salah satu aplikasi layanan taaruf gratis yang menyediakan berbagai macam fitur pendukung taaruf seperti langkah Pembuatan CV, Mengirim CV, sampai dengan fitur request kontak wali yang memungkinkan untuk berkontak dengan walinya secara langsung.

Layanan ini 100% gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun, namun dengan fitur yang terbatas. Jika anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, anda dapat mengupgrade keanggotaan menjadi VIP Member.

Layanan VIP Member merupakan salah satu layanan tambahan untuk menunjukkan keseriusan kita dalam mencari jodoh. Karena dengan layanan ini, keanggotaan kita akan lebih diprioritaskan oleh admin, sehingga lebih mudah menemukan kriteria pasangan yang kita inginkan.

Cara Menjadi Member Taaruf ID



  1. Download Aplikasi Taaruf ID di Google Playstore.
  2. Setelah mendaftar, silahkan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Login menggunakan akun Google atau akun Facebook Anda. Rekomendasi saya silahkan gunakan akun Google.
  4. Setelah mendaftar, silahkan lengkapi biodata pertama anda yang nantinya akan menjadi CV Taaruf yang dapat dilihat oleh peserta lain.
  5. Setelah sukses mendaftar anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi.


Sekarang anda sudah bisa mencari jodoh melalui Taaruf ID.

Eiits, tapi tunggu dulu..

Sebelum mencari jodoh, ada baiknya anda melengkapi profil anda terlebih dahulu.

Karena selama anda belum melengkapi profil, peserta lain yang tertarik dengan anda mungkin tidak akan bisa mengirim CV kepada anda, tersebab admin Taaruf ID membatasi akun-akun yang belum melengkapi CV nya.

Memperbarui Profil


Untuk memperbarui profil atau CV Taaruf, silahkan pergi ke Menu Home kemudian pilih Edit Profil.


Lengkapi keseluruhan profil anda mulai dari biodata, visi misi pernikahan, sampai dengan kriteria pasangan yang anda inginkan.

Usahakan untuk melengkapi semua profil anda, agar anda mendapatkan Lencana Siap Taaruf dari Admin Taaruf ID.

Setelah semua profil dilengkapi, saatnya anda mencari jodoh.

Tapi tunggu dulu...

Pastikan anda mengisi semua profil anda dengan jujur, karena kejujuran merupakan awal kebahagian kita dengan pasangan.. eaaa.

Kirim CV Taaruf kepada Peserta lain


Sebelum mengirim CV Taaruf kepada peserta lain, pastikan lagi bahwa anda sudah membaca syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Seperti penggunaan koin dan lain sebagainya, karena jika anda tidak memperhatikan syarat dan ketentuan, kemungkinan anda akan melewatkan hal-hal penting yang mungkin disampaikan oleh Admin Taaruf ID.

Untuk membaca syarat dan ketentuannya silahkan kunjungi tab pengaturan, kemudian pilih syarat dan ketentuan.

Jika sudah dibaca, sekarang lanjut untuk menavigasi jodoh.


  1. Buka Tab Pencarian untuk memulai Menavigasi Jodoh.
  2. Pilih Peserta yang diinginkan.
  3. Jika anda tertarik dengan salah satu peserta, silahkan kunjungi profilnya.
  4. Baca CV Taarufnya.
  5. Jika dirasa cocok, silahkan langsung kirim CV Taaruf anda.
  6. Caranya scroll sampai kebawah kemudian pilih tombol berwarna hijau atau tombol untuk Mengirim CV.
  7. Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta, kemudian lanjutkan untuk mengirim CV.


Shalat Istikharah


Setelah mengirim CV silahkan lakukan ikhtiar tambahan seperti memperbarui CV anda agar semakin menarik perhatian. Lalu lakukan shalat istikharah/shalat hajat disepertiga malam.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah. Sekaligus meminta jodoh yang terbaik dan jodoh yang sesuai dengan kriteria anda.

Melihat Status CV, Diterima atau Ditolak


Untuk melihat status CV anda apakah diterima atau ditolak silahkan buka Tab Riwayat, kemudian geser kekanan atau kekiri untuk melihat status CV yang sudah anda kirim.

Jika diterima


Alhamdulillah, sekarang saatnya untuk menjemput takdir anda dengan cara meminta nomor walinya agar anda bisa berkunjung kerumahnya secara langsung.

Anda bisa memulai chatting ringan dengan calon anda namun tetap pada batasan syari dan tidak membuat si calon pasangan menjadi baper. Intinya, gunakan fitur chatting ini dengan bijak.

Dengan menanyakan langsung alamat rumahnya, kapan siap menikah, serta tinggal dimana setelah menikah, dan lain sebagainya.

Jika Ditolak


Tetap berhusnudzon kepada Allah, mungkin dia bukan pilihan terbaik, karena semua yang kita inginkan belum tentu yang terbaik bagi kita. Allah lebih mengetahui apa yang kita butuhkan, lebih dari apa yang kita ketahui.

Jadi, jangan kecewa dan silahkan cari yang lain. Setidaknya anda sudah berikhtiar semaksimal mungkin. Untuk hasilnya, serahkan semuanya kepada Allah.

Kelebihan Taaruf ID


Taaruf ID mempunyai beberapa kelebihan yang dapat dinikmati oleh peserta, seperti:

Gratis dan Tanpa Iklan


Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sangat bagus dan rapi. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir terhadap iklan karena antarmuka aplikasi ini tidak disusupi satupun iklan didalamnya.

Memang benar, aplikasi ini berisi iklan, namun iklan tersebut hanya sebatas iklan bersyarat. Yang artinya, ada keuntungan dari kedua belah pihak dari iklan yang ditampilkan di aplikasi.

Seperti pengguna mendapatkan imbalan berupa koin, dan pemilik aplikasi mendapatkan imbalan dari hasil iklan tersebut.

Untuk antarmuka lainnya, semuanya gratis dan bebas iklan. Sehingga kenyamanan pengguna tetap terjaga.

Kemudahan Saat Menavigasi Jodoh


Navigasi jodoh merupakan salah satu fitur utama di aplikasi ini. Navigasi jodoh dapat berupa fitur swipe atau fitur pencarian pada member yang ingin bertaaruf.


Fitur ini sangat terbatas untuk pengguna free member jadi pastikan anda memperhatikan satu persatu CV Taaruf para peserta yang ditampilkan di aplikasi.

Kemudahan Saat Mengisi CV


Taaruf ID menyediakan template pengisian CV yang sangat detail dan memudahkan para pengguna.

Jika sebelumnya anda belum pernah membuat CV Taaruf, anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa detail pengisian yang sangat memudahkan kita untuk mengisi CV.

Kekekurangan Taaruf ID


Selain mempunyai kelebihan, taaruf ID juga mempunyai beberapa kekurangan seperti:

Batasan Fitur Pada Pencarian


Setiap akun dibatasi hingga 3 halaman pencarian perharinya, itu artinya jika anda sudah melompati per 3 halaman, anda tidak akan bisa melompat ke halaman selanjutnya.

Karena fitur ini hanya dikhususkan untuk member VIP saja. Solusi dari kekurangan ini adalah silahkan upgrade ke VIP Member.

Banyak Peserta Yang Belum Siap


Jika anda bertanya-tanya, apakah banyak peserta Taaruf ID yang sudah siap untuk menikah? maka jawabannya adalah lebih banyak yang belum siap.

Karena setelah saya telusuri aplikasi ini, ternyata masih banyak orang-orang yang belum siap untuk menikah. Artinya, mereka hanya sekedar daftar dan iseng-iseng saja.

Hal ini dibuktikan dari kelengkapan profil dari para peserta yang ditampilkan di beranda. Tentu hal ini sedikit menggangu buat kita yang benar-benar siap untuk menikah.

Lantas bagaimana solusinya?

Solusinya adalah, silahkan pilih peserta yang benar-benar melengkapi profilnya, karena kelengkapan profil termasuk salah satu bukti bahwa peserta tersebut sudah siap untuk diajak menikah.

Upgrade Ke VIP Member


Ini tidak wajib, karena layanan ini berbayar. Gunakan jika anda benar-benar perlu, dan siap untuk menikah.

Layanan VIP Member merupakan layanan yang dikhususkan untuk para peserta yang benar-benar serius untuk menikah karena layanan ini menghadirkan tambahan fitur-fitur yang dapat memudahkan kita untuk menavigasi jodoh seperti fitur pencarian tanpa batas, pindah lokasi GPS, dan radius lokasi peserta hingga 1000 km.

Intinya, gunakan jika anda benar-benar sudah siap untuk menikah. Karena jika anda belum siap menikah baik secara materi maupun finansial tentu hal ini dapat merugikan para peserta lain yang benar-benar siap untuk menikah, karena slotnya sangat terbatas.

Untuk mengupgrade ke VIP Member, silahkan pergi ke Tab Home, kemudian pilih Menu VIP Member.

Ada tiga metode pembayaran yang dapat dipilih yaitu OVO, Gopay, dan Transfer Bank.

Untuk pilihan metode pembayaran diatas, dapat bergantung dari paket VIP Member yang anda pilih. Karena tiap paket menerapkan metode pembayaran yang berbeda-beda.

Upgrade VIP Member Gratis


Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun, anda bisa mengupgrade Akun Anda ke VIP Member menggunakan 3000 Koin.

Untuk mengumpulkan koin sebanyak ini, anda cukup mengerjakan misi seperti login harian dan nonton video, karena ada bonus koin dari setiap misi yang anda kerjakan.

Oh ya, sambil menunggu koin terkumpul, anda tidak perlu mengirim CV taaruf ke peserta lain agar poin anda lebih cepat terkumpul.

Jika memang ada yang cocok atau anda menyukai salah satu peserta yang ditampilkan di halaman pencarian, anda cukup memberikan love kepada peserta tersebut.

Soal jodoh atau enggak, kemungkinan anda bakal menemukan jodoh yang lebih baik setelah upgrade ke VIP member karena dengan Akun VIP member, Anda bebas menelusuri fitur pencarian tanpa batas, sehingga mempunyai lebih banyak pilihan pada peserta.

Review Saya Tentang Aplikasi Ini...

Sejauh ini, saya menilai aplikasi ini cukup bagus, karena mengingat pada zaman sekarang ini. Mungkin rasanya sangat sulit untuk menemukan kriteria jodoh yang sesuai dengan keinginan kita.

Yang baik, sholeh/sholehah, setia, taat kepada orang tua, paham agama, paham sunnah, dan lain sebagainya. Nah, dengan adanya aplikasi ini, insya Allah ikhtiar kita akan sedikit terbantu.

Untuk prosesi pernikahannya, Taaruf ID memberikan kebebasan buat kita, karena setelah kita merequest kontak wali dari calon pasangan kita, semuanya akan menjadi tanggung jawab masing-masing peserta. Karena Taaruf ID hanyalah sebagai media perantara saja.

Mungkin itu saja dari saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pencari jodoh. Jangan lupa share ke teman kalian jika dirasa artikel ini bermanfaat. Jazakallahu khairan.

Posting Komentar untuk "Taaruf ID, Platform Untuk Menemukan Jodoh Siap Nikah"

Berlangganan via Email