14/05/17

Cara Mengaktifkan Email Balasan Otomatis pada Gmail

Mungkin anda akan merasa kecapekan ketika ada banyak email masuk ke kotak masuk anda, bukan karena anda capek membacanya melainkan harus membalas satu persatu email yang masuk. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membalas email yang masuk secara otomatis pada Kotak Masuk Gmail Anda.

Fitur balasan otomatis ini dapat anda gunakan ketika anda sedang sibuk dan tidak sempat membuka email.

Sebenarnya gmail telah lama menyediakan fitur ini, namun fitur ini tidak dapat diaktifkan melalui Gmail seluler melainkan harus menggunakan perangkat desktop, karena pengguna internet saat ini sebagian besar adalah perangkat seluler, jadi mereka yang menggunakan perangkat seluler kemungkinan tidak banyak tahu tentang fitur ini.

Namun, bagi yang menggunakan perangkat seluler tidak perlu khawatir, karena kita akan mengakali agar perangkat seluler juga dapat menikmati fitur ini dengan mengaktifkan tampilan desktop pada perangkat seluler anda.

email masuk dibalas secara otomatis

Cara mengaktifkan tampilan desktop pada perangkat Android

Khusus bagi anda yang menggunakan Android atau tablet Android, anda tidak akan mendapati fitur ini pada Setelan email seluler anda, kecuali anda harus masuk ke tampilan desktop terlebih dahulu pada perangkat seluler anda.

Masuk ke Browser bawaan Android atau Anda juga dapat menggunakan Google Chrome, yang terpenting Browser HD, lalu aktifkan dengan mencentang Minta Situs Desktop yang tersedia pada menu Browser.


Jika anda berhasil masuk ke tampilan desktop pada perangkat android, anda dapat langsung scroll ke tutorial Utama saya, jika tidak berhasil masuk ke tampilan desktop berarti kita perlu masuk ke tampilan desktop secara manual dengan mengunjungi situs gmail seluler.

Silahkan Buka www.gmail.com, ketikkan pada address bar browser bawaan anda atau dapat menggunakan Browser Google Chrome.

Setelah masuk pada Situs Gmail Seluler seperti pada gambar dibawah ini, silahkan ketuk drawer menu disebelah kiri.


Scroll sampai kebawah lalu ubah tampilan gmail Seluler menjadi Desktop dengan memilih Lihat Gmail pada Desktop.


Selamat, anda berhasil masuk ke tampilan desktop situs gmail, tampilan ini merupakan tampilan dasar gmail, abaikan saja jika tampilannya seperti ini, kita tidak perlu mengubah apapun karena kita hanya perlu mengubah setelan fitur balasan otomatis yang terdapat pada Gmail Desktop.

Jika sudah masuk ke tampilan desktop silahkan lanjut ke tutorial utama saya.

Cara Mengaktifkan Balasan Email secara Otomatis pada Gmail


  1. Silahkan buka menu setelan gmail.
  2. Pilih Setelan umum, lalu cari fitur penjawab saat libur.
  3. Aktifkan lalu isi subjek dan isi pesan.
  4. Jika balasan otomatis ini hanya untuk orang tertentu, yaitu teman yang ada di kontak kita, silahkan centang Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di Kontak saya.
  5. Simpan Setelan.


Jika teman anda mengirimkan pesan beberapa kali, balasan email otomatis akan dikirimkan maksimal setiap 4 hari sekali seperti yang tertera, karena satu email hanya akan menerima satu balasan otomatis dari email anda.

Sebelum orang lain mengirimkan email kepada anda, silahkan dicoba terlebih dahulu menggunakan email lain milik anda, pastikan email balasan otomatis terkirim dari email utama anda.

Penutup

Fitur ini sangat cocok digunakan ketika anda menerima banyak email masuk ke kotak masuk anda, namun anda tidak dapat membalasnya satu persatu karena keterbatasan waktu anda.

Akhir kata, semoga anda memahami tutorial singkat saya ini, dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca, salam sukses.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon