05/04/18

Panduan Transfer Dana Maybank Melalui Internet Banking

Kelanjutan dari panduan sebelumnya yang membahas cara cek saldo dan mutasi rekening pada maybank. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membagikan panduan bagaimana cara trasnfer dana menggunakan internet banking pada maybank.



Seperti yang kita ketahui, pengguna internet banking hingga saat ini sudah berkembang pesat mengingat fasilitas ini sudah tidak bergantung lagi dengan mesin atm dimana kita diharuskan untuk keluar rumah ketika kita ingin melakukan transfer, cek saldo, serta membayar berbagai macam tagihan online.

Berbeda dengan sebelum adanya fasilitas ini, jika fasilitas ini tidak pernah ada, tempat umum seperti alfamart, atm di pinggir jalan, dan mall yang ada ATMnya dapat dipastikan panjang antriannya.

Hal ini dapat diprediksi dengan antrinya tempat-tempat umum seperti pada sekarang ini, padahal fasilitas internet banking sudah ada, tapi kebanyakan dari mereka masih menggunakan Mesin ATM ini untuk melakukan Transfer Tunai, bukan untuk Ambil Uang atau Setor Uang.

Walaupun tidak panjang antriannya, coba bayangkan:

Jika rata-rata nasabah bank yang mampir ke ATM terdekat ingin melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, lantas bagaimana nasib Mesin ATM jika fasilitas internet banking tidak disediakan.

Pastinya ramai setiap harinya.

Ditambah lagi jika ada nasabah yang datang ke Mesin ATM hanya untuk sekedar cek saldo rekening.

Mengapa Lebih Memilih Bertransaksi Menggunakan Internet Banking ?

Ada banyak alasan mengapa kita harus menggunakan internet banking,

Salah satu alasannya yaitu karena mudah, mudah untuk diakses kapanpun dan dimanapun bahkan dengan gadget apapun yang kita punya sekarang.

Tidak peduli dengan merk dan type gadget yang kita pakai, asalkan gadget yang kita pakai masih terhubung dengan koneksi Internet, Internet Banking anda pasti dapat dengan mudah diakses.

Anda juga dapat menggunakan PC atau Laptop anda untuk mengakses Akun Internet Banking ini

Karena Internet Banking tidak bergantung dengan berbagai gadget yang kita pakai ataupun jaringan internet yang kita pakai, asalkan punya user id dan password kita pasti bisa masuk.

Untuk mendapatkan user id dan password internet banking, disarankan untuk mendatangi kantor cabang terdekat, salah satu alasannya kenapa harus datang ke kantor cabang, karena anda dapat bertanya langsung ke Teller Bank jika mengalami kesulitan apalagi jika saat ini kita masih dalam tahap belajar menggunakan internet banking.

Jangan mendaftar internet banking menggunakan media online, karena dikhawatirkan jika anda salah melakukan pendaftaran dapat berakibat fatal pada rekening anda, salah satunya adalah pemblokiran rekening.

Panduan Bertransaksi Menggunakan Internet Banking

Sebelum melanjutkan ke panduan utamanya, kita harus mengenal dulu jenis-jenis transfer yang ada pada Internet Banking.

Agar tidak salah dalam memilih metode transfer, berikut ini ada dua jenis transfer yang sering kita pakai untuk melakukan transfer. Yaitu Transfer Antar Rekening dan Transfer Ke Rekening Lain.

Transfer Antar Rekening


Metode transfer ini dapat anda pilih jika anda ingin melakukan transfer ke sesama pengguna rekening maybank, lebih tepatnya bukan transfer ke bank lain.

Di Maybank, fasilitas transfer ini dinamakan sebagai fasilitas transfer Antar Rekening Maybank.

Jika di bank lainnya, anda mungkin akan menemukan nama fasilitas transfer yang berbeda.

Transfer ke Rekening Lain


Kebalikan dari fasilitas yang saya sebutkan diatas, fasilitas ini adalah fasilitas yang dapat anda gunakan untuk melakukan transfer ke berbagai macam bank lain diseluruh indonesia.

Di Maybank, Fasilitas ini dinamakan sebagai fasilitas Transfer Antar Bank Realtime.

Jika anda sudah paham dengan jenis-jenis transfer yang ada pada maybank, maka kita akan lanjutkan ke panduannya.

Login Ke Internet Banking

1. Kunjungi Situs Internet Banking Maybank Resmi di maybank.co.id.
2. Setelah anda masuk ke situs resminya, silahkan pilih Login pada menu Internet Banking.
3. Masukkan User ID kemudian pilih lanjut.
4. Lalu lanjutkan dengan memasukkan password internet banking anda.
5. Sekarang anda sudah masuk ke situs internet banking pada maybank.

Memilih Jenis Transfer

Pada langkah ini silahkan pilih menu Rekening dan Transaksi, setelahnya pililh lagi Menu Transfer tepatnya disebelah kiri.

Setelah anda masuk ke menu transfer anda akan dihadapkan dengan berbagai macam jenis transfer.

Seperti dibawah ini:


Namun pada kali ini saya hanya akan membahas fasilitas transfer Antar Rekening Maybank dan fasilitas transfer Antar Bank Real Time.

Transfer Antar Rekening Maybank


1. Pilih jenis transfer ini pada menu transfer, setelahnya anda akan diarahkan kehalaman untuk mengisi data-data diri anda, mulai dari nomor rekening sampai alamat email penerima

2. Jika kolom tersebut ditandai dengan tanda bintang, berarti kolom tersebut wajib diisi, sisanya boleh anda kosongkan, kemudian pilih Lanjut.

3. Sekarang anda akan diminta untuk memasukkan kode TAC, kode TAC ini akan dikirimkan melalui nomor ponsel yang anda daftarkan sebelumnya. Silahkan merequest kode TAC anda.

4. Masukkan kode TAC sesuai dengan yang tertera pada SMS anda, kode TAC anda berlaku selama sepuluh menit sejak waktu pengiriman. Jika kode yakin, pilih Setuju.

5. Sekarang Proses Transfer sudah berhasil dilakukan, dibagian bawah status transaksi, anda akan melihat apakah anda ingin menambahkan rekening ini ke daftar favorit.

Rekening Tujuan ini nantinya akan ditampilkan pada Daftar Rekening Favorit, sehingga anda tidak perlu lagi untuk mengetik rekening ini ketika anda ingin melakukan transfer dikemudian hari.

Menambahkan ke Daftar Rekening Favorit

1. Jika anda berencana untuk melakukan transfer dengan rekening ini dikemudian hari silahkan tambahkan dengan cara klik menu Daftar Favorit

2. Kemudian Isi data-data yang terkait dengan rekening si penerima, setelah itu pilih Lanjut.

3. Silahkan request kembali Kode TAC Anda, kemudian masukkan kode TAC pada kotak yang disediakan, kemudian pilih Setuju.

Sekarang anda sudah memiliki daftar rekening favorit yang siap digunakan.

Transfer Antar Bank Real Time


Pilih jenis transfer ini pada menu transfer, setelahnya anda akan diminta untuk mengisi data-data yang terkait dengan rekening si penerima, mulai dari nomor Rekening, Bank Penerima, sampai dengan jumlah nominal yang ingin anda kirim


Kotak yang ditandai dengan bintang wajib diisi, setelah semuanya selesai silahkan pilih Lanjut

Cek kembali data-data anda, kemudian silahkan meminta request kode TAC Anda, kode TAC ini nantinya akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

Masukkan Kode TAC yang tertera pada SMS, kemudian pilih Setuju.

Transaksi Anda sudah berhasil, jika anda ingin menambahkan Rekening tujuan ini, silahkan klik Daftar Favorit, kemudian lakukan seperti langkah yang sudah saya sebutkan diatas.



Jika anda ingin melakukan transaksi lain, anda dapat memilih menu Membuat Transaksi Lain.

Demikian semoga panduan yang membahas mengenai panduan internet banking maybank ini dapat bermanfaat khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon